Jokowi Pastikan Pemerintah Tak Tutup Mata dengan UMKM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara BRI Microfinance Outlook 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mamastikan bahwa pemerintah tidak akan tutup mata dalam mendorong kesejahteraan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Terlebih, kata Jokowi, selama ini kontribusi UMKM yang saat ini berjumlah sekitar 65 juta terhadap produk domestik bruto (PDB) Tanah Air mencapai 61 persen. 

Demikian disampaikan Kepala Negara saat membuka agenda Pembukaan BRI Microfinance Outlook 2024 di Ballroom Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Maret 2024. 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

“Penyerapan tenaga kerja di sektor UMKM 97 persen, sebuah angka yang juga sangat besar sekali. Oleh sebab itu kalau kami memberikan perhatian khusus kepada UMKM itu tidak salah,” kata Jokowi. 

Karena itu, Jokowi menambahkan, memang diperlukan ragam insentif yang dibutuhkan terhadap pengembangan UMKM, sehingga ke depan setiap pelaku bisa bersaing dengan Negara lain.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

“Agar kita bisa mendapatkan arah mana strategi apa yang harus kita bangun agar UMKM kita betul-betul bisa berdaya saing, bisa berkompetisi dengan Negara-negara lain,” imbuhnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara BRI Microfinance Outlook 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan Pemerintah mencapai Rp 46 triliun. Anggaran ini disebut bisa untuk pembangunan 40 waduk

"Jangan keliru, untuk KUR itu subsidi pemerintah Rp 46 triliun agar bunganya bisa turun di angka 3 persen untuk usaha mikro, dan usaha kecil 6 persen. Jangan dipikir itu juga angka kecil, Rp 46 triliun itu angka gede, itu kalau dibuat waduk jadi 40 waduk," ujar Jokowi dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 Kamis, 7 Maret 2024.

Jokowi dalam kesempatan ini juga mengaku senang atas pembiayaan yang sudah dilakukan oleh BRI. Dalam hal ini nasabah Ultra Mikro (UMi) sudah sebanyak 8,2 juta. "UMi ini nasabahnya sudah di angka 8,2 juta yang memberi kredit hanya sampai 10 juta," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya