Bos Garuda Indonesia Janjikan Diskon Harga Tiket hingga 75 Persen Periode Mudik Lebaran

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam diskusi 'Potensi Penumpang Udara 2024' di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pada musim mudik Lebaran 2024 ini, Garuda Indonesia dan Citilink selaku anak usahanya bakal menyediakan 1,4 juta kursi guna melayani lonjakan penumpang di periode tersebut.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Untuk peak season tahun ini, kita akan menyediakan 1,4 juta seat bersama-sama dengan Citilink," kata Irfan dalam diskusi 'Potensi Penumpang Udara 2024' di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

"Ini untuk mengantisipasi penumpang yang kita pastikan akan cukup melonjak, karena pergerakan ekonomi juga membaik, pasti banyak lah (jumlah pemudik)," ujarnya.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Meski demikian, Irfan mengaku bahwa pihaknya melihat fenomena yang terjadi berpuluh-puluh tahun di industri penerbangan, namun hingga saat ini belum ada perbaikan. Hal itu utamanya biasa terjadi di musim mudik Lebaran tiap tahunnya.

Garuda Indonesia Livery Pocari Sweat

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan
Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Dimana, ketika sebuah pesawat membawa penumpang ke sebuah rute/kota tujuan, namun saat kembali ke Jakarta penumpangnya justru kosong atau hanya diisi 10-15 persen dari total kursi yang disediakan.

"Jadi ini kan penerbangan sebenarnya single lag, jadi menjelang lebaran itu banyak yang keluar dari Jakarta atau keluar dari kota besar, dan ketika pesawatnya mesti kembali, mayoritas itu (penumpangnya) kosong atau kalau bisa dibilang isinya hanya 10-15 persen," kata Irfan.

Karenanya, guna menyiasati fenomena tersebut, Irfan mengaku bahwa Garuda Indonesia bersama Citilink pun memperkenalkan program 'Lebaran di Jakarta' sejak tahun lalu. Di mana, harga tiket penerbangan menuju Jakarta menjelang Lebaran, bisa mendapatkan diskon hingga 75 persen.

Garuda Indonesia Livery Pocari Sweat

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

"Jadi untuk mengisi flight yang kosong itu, maka menjelang lebaran, kalau ke Jakarta itu bisa mendapat tiket yang diskonnya mencapai 75 persen, dan ini bukan cuma 5-10 seat, tapi mungkin bisa sampai setengah kapasitas pesawat," kata Irfan.

"Yang kedua adalah, kalau keluar dari Jakarta setelah Lebaran, itu juga akan kita berikan diskon yang cukup dalam sampai 75 persen. Sementara ini kita akan sediakan sekitar 42.000 seat, tapi Saya dan Pak Dewa memonitor ini setiap hari. Kita sudah promo ini ke mana-mana," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya