Airlangga Diundang Ikut Simulasi Makan Siang Gratis di Merauke

Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Biro KLIP Kemenko Perekonomian

Jakarta – Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai melakukan simulasi makan siang gratis yang diusung oleh paslon Prabowo-Gibran. Simulasi ini di antaranya dilakukan di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, dan SMP Negeri 1 Darul Imarah, Aceh Besar. 

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengaku baru saja mendapatkan undangan langsung dari bupati Merauke untuk menghadiri gerakan makan siang gratis di daerah tersebut.

"Tadi saya menerima bupati daripada Merauke dan juga mengirimkan undangan, kalau di sana namanya tadi gerakan makan ikan," kata Airlangga dalam media briefing di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Airlangga mengatakan, simulasi makan siang gratis ini merupakan inisiatif daerah pemerintah daerah. Sedangkan Kementerian Perekonomian hanya mempelajari pelaksanaan dari makan siang gratis ini.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

"Jadi beda lagi itu semua inisiatifnya adalah dari daerah dan kami di sini hanya masalah belanja (APBN) aja. Jadi bagaimana nanti membuat kebijakan yang bisa dilakukan secara tepat sasaran, tepat jumlah, dan bisa dimanfaatkan oleh para pelajar dan sekali lagi kita baru bahas di dalam APBN sesudah ada keputusan daripada KPU," terangnya.

Airlangga menjelaskan, simulasi makan siang gratis ini akan dilakukan di beberapa daerah lainnya. Hal ini di antaranya di daerah perkotaan, pedesaan, hingga pesisir. 

"Kemarin kan simulasi di daerah perkotaan berikut simulasi di pedesaan, berikut simulasi di pesisir. Nah dengan semakin banyak yang volunteer menyiapkan itu opsi-opsinya akan semakin terlihat," terangnya.

Sehingga, dengan adanya simulasi itu, jelas Airlangga, Pemerintah baru bisa mulai menyusun kebijakan program makan siang. Dalam hal ini penyusunan akan dilakukan oleh Bappenas dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Tugas Bappenas untuk menyusun kemudian itu nanti dalam satu bulan ke depan karena APBN kan akan lebih detail lagi. Jadi masalah Kementerian dan yang lain itu bagian dari amplop APBN," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. Simulasi makan siang gratis ini dijatah Rp 15.000 per anak.

Adapun makan siang gratis diketahui merupakan program unggulan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Program ini juga nantinya akan dijatah Rp 15.000 per anak. 

"Ini undangan makan gratis (bukan program Prabowo), kaya kantin bersih kan emang sekolah harus (menyediakan)," ujar Airlangga, Kamis, 29 Februari 2024.

Selain itu, simulasi makan siang gratis bagi pelajar SMP Negeri 1 Darul Imarah, Aceh Besar. Simulasi makan siang gratis yang diinisiasi oleh Dewan Guru dan Komite Sekolah SMPN 1 Darul Imarah itu diprioritaskan bagi pelajar yatim dan yatim piatu di SMPN 1 Darul Imarah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya