BUMN Kimia Farma Sediakan Layanan Vaksin HPV Gandeng MSD Indonesia

Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika, Arie Genipa Suhendi, dalam konferensi pers di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – BUMN Farmasi Indonesia, Kimia Farma melalui PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan PT Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia dalam hal penyediaan layanan vaksin mandiri human papilliomavirus (HPV) di 100 klinik milik Kimia Farma seluruh Indonesia.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

MSD Indonesia merupakan perusahaan informasi global yang beroperasi di Indonesia, dengan nama dagang Merck & Co., Inc., Rahway, N.J., USA.

Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika, Arie Genipa Suhendi mengatakan, melalui kerja sama ini MSD Indonesia akan memberikan edukasi, terkait pencegahan berbagai penyakit HPV melalui vaksinasi.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

"Kolaborasi KFD dengan MSD menjadi satu langkah bersama, untuk membantu memudahkan masyarakat agar lebih proaktif dalam menjaga kesehatan," kata Arie dalam konferensi pers di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024.

Vaksin HPV

Photo :
  • pixabay
5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Dia menjelaskan, kerja sama ini juga sejalan dengan upaya Kementerian Kesehatan RI untuk mencegah morbiditas, mortalitas, dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit HPV tersebut. Hal itu dapat dicegah dengan imunisasi, dalam rangka mencapai SDGs 2030 dan Program Rencana Aksi Nasional (RAN) Eliminasi Kanker Leher Rahim (2023-2030).

Dia memastikan, nantinya para tenaga ahli kesehatan di klinik Kimia Farma akan membantu memberikan pemahaman yang tepat seputar virus HPV. Serta, memberikan pendampingan yang dibutuhkan masyarakat, termasuk pemberian vaksin HPV.

"Dimana kedepannya kami juga akan memperluas pelayanan vaksinasi," ujarnya.

Arie mengatakan, layanan vaksin HPV ini sudah bisa diakses masyarakat mulai hari ini, di klinik-klinik milik Kimia Farma. Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui call center Kimia Farma 1500-255.

“Kalau ditanya di mana vaksinnya bisa diperoleh masyarakat? Tersedia di 100 klinik Kimia Farma. Untuk mengetahui lokasinya, bisa menghubungi call center kami," ujarnya.

Senada, Managing Director MSD Indonesia, George Stylianou menambahkan, sebagai perusahaan farmasi global yang beroperasi di Indonesia, MSD berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih sehat.

"Kali ini, kami menjalin komitmen bersama PT Kimia Farma Diagnostika, untuk meningkatkan pemahaman di masyarakat mengenai penyakit terkait HPV, yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam membantu meredam penyebaran berbagai penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya