Viral! Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai, Ini Penjelasan Manajemen

Lion Air saat mendarat di Bandara Kualanamu.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Binjai – Pesawat Lion Air memutar-mutar di langit Kota Binjai, Sumatera Utara, Senin malam, 11 Maret 2024, sekitar pukul 19.00 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan JT-106 menjadi pusat perhatian warga dan viral di media sosial.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Berdasarkan informasi diperoleh VIVA Medan, bahwa pesawat, dengan rute Surabaya menuju Jeddah. Saat melintas di kawasan udara di Sumut ini, sempat pemberitahuan resmi NOTAM dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di negara tersebut.

Atas hal itu, pesawat Lion Air dilakukan pendaratan sementara di Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deliserdang. Untuk dilakukan kembali penjadwalan penerbangan.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Pesawat Lion Air

Photo :
  • Istimewa

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengungkapkan bahwa pengalihan pendaratan, untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan. 

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

"Pengalihan tersebut bukan disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat," kata Danang dalam siaran pers yang diterima wartawan, Senin malam.

Sebelum mendarat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, pesawat melakukan holding di udara untuk beberapa waktu, dengan tujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar. 

"Langkah ini diambil untuk memastikan pendaratan sesuai dengan limitasi berat pesawat saat melakukan pendaratan," jelas Danang.

Setelah berhasil mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, rencananya pesawat akan melanjutkan penerbangannya menuju Jeddah setelah bandar udara di Colombo, Sri Lanka, dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani.

Armada pesawat Lion Air

Photo :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

"Seluruh prosedur yang diambil dalam kejadian ini menunjukkan komitmen Lion Air dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru pesawat," tutur Danang.

Hal ini, menjadi pengalaman yang menarik dan mengingatkan bagi Lion Air dalam menghadapi situasi darurat di udara, serta memberikan jaminan keselamatan bagi seluruh penumpangnya. Semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.

"Penerbangan Lion Air, saat ini telah kembali melanjutkan perjalanannya. Pesawat tersebut sudah lepas landas dari Kualanamu dan kini sedang dalam penerbangan menuju Jeddah," kata Danang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya