Proyek Istana Wapres di IKN Bakal Dilelang Ulang, Jokowi Minta Desainnya Direvisi

Jokowi menunjukkan progres pembangunan IKN yang on the track
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar desain bangunan Istana Wakil Presiden (Wapres) di IKN Nusantara direvisi. Sehingga, proyek Istana Wapres itu dipastikan akan dilelang ulang.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek pembangunan Istana Wapres ini pun dijadwalkan akan dimulai pada Juli 2024 mendatang.

"Dilelang ulang ya," kata Basuki, dikutip Kamis, 14 Maret 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Senada, Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, membenarkan bahwa proyek Istana Wapres akan dilelang ulang dalam waktu dekat.

"Ya sebentar lagi, tinggal dimonitor di LPSE," kata Danis.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Meski demikian, sebelum proyek tersebut dilelang ulang, Danis mengatakan bahwa pihaknya akan terlebih dulu melakukan revisi, dengan melibatkan pihak Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Namun, Dia juga belum dapat memastikan apakah proyek ini masih akan menggunakan desain lama atau desain baru. Danis meyakini, proyek ini masih bisa rampung pada 2025 mendatang.

IKN Nusantara.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Diketahui, sebelumnya Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, sempat mengakui bahwa pembangunan Istana dan Kantor Wakil Presiden di IKN mengalami perlambatan.

Sebab, terjadi perubahan desain setelah sebelumnya proyek tersebut sempat dilelang. Perubahan desain itulah yang menyebabkan pembangunannya sedikit mundur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya