Dukung Industri Kesehatan RI Tumbuh, Simak Straregi Siloam (SILO) Tangkap Peluang

Siloam Hospitals.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Jakarta – PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) di sektor layanan kesehatan, mengantisipasi perkembangan tren industri kesehatan di Indonesia. SILO telah mengindikasikan 4 megatren utama perawatan kesehatan di Indonesia.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Antara lain seperti meningkatnya demografi populasi lansia, meningkatnya tingkat adopsi teknologi digital, meningkatnya kesadaran perawatan kesehatan terhadap perawatan pencegahan, dan digitalisasi perawatan kesehatan.

Group Chief Executive Officer (CEO) LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO, John Riady menyampaikan, SILO sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia mengikuti tren tersebut dan menghadirkan berbagai inisiatif program klinis kuratif dan teknologi digital untuk mendukung pertumbuhan industri kesehatan di Indonesia.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

"Seiring dengan pertumbuhan pasar dan inisiatif-inisiatif yang dilakukan, SILO juga telah menetapkan jalur untuk mencapai tingkat pertumbuhan dua digit yang tinggi, mengungguli industri kesehatan," ujar John dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat, 15 Maret 2024.

Group Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) John Riady

Photo :
  • Dok. Lippo
5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Melalui inisiatif digital SILO misalnya, pasien dalam melakukan pemesanan secara instan, mengantre secara virtual, hingga melakukan medical check up (MCU) pada hari yang sama. Saluran digital ini termasuk Aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan nomor WhatsApp khusus.

Selain itu, Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan pembelanjaan layanan kesehatan yang kuat selama beberapa tahun ke depan seperti yang ditunjukkan oleh Compunded Annual Growth Rate (CAGR) industri layanan kesehatan dari tahun 2022 hingga 2030 yang diproyeksikan sebesar 7-8 persen, menurut Kementerian Kesehatan Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital Siloam, jumlah pasien yang diperoleh secara digital juga meningkat. Saluran Digital Siloam termasuk Obrolan Langsung dan WhatsApp berkontribusi 21 persen atau sekitar 532.285 pemesanan terhadap total Kunjungan Rawat Jalan per September 2023.

SILO juga telah mengembangkan sistem umpan balik pasien digital yang disebut Siloam Online Feedback Aggregator System (SOFAS) sehingga pasien dapat memberikan umpan balik langsung yang akan diterima secara real-time oleh tim khusus. Melalui SOFAS yang diimplementasikan di semua unit Grup RS Siloam, sekitar 80 persen keluhan dapat diselesaikan dalam 2 jam.

Per September 2023, aplikasi MySiloam telah diunduh lebih dari 2 juta pengguna. Rata-rata pengguna aktif bulanan mencapai 170.000 pasien dan rata-rata tingkat engagement lebih dari 78 persen. Dari sisi trafik mencapai 12 juta per bulan hingga 9M2023. Layanan aplikasi MySiloam mencakup rencana pertemuan dengan dokter, buku medical check up, akses personal histori medis hingga hasilnya, video telekonsultasi, hingga layanan emergensi dan informasi RS Siloam.

Peningkatan saluran digital MySiloam turut mendorong peningkatan kinerja positif SILO pada 9M2023. Per September 2023, SILO mencatatkan pendapatan Rp 8,24 triliun, naik 21,55 persen dari Rp 6,93 triliun per September 2022. 

Perinciannya, pendapatan rawat inap Rp 4,73 triliun per kuartal III-2023 naik dari sebelumnya Rp 3,86 triliun, dan pendapatan rawat jalan Rp 3,51 triliun naik dari Rp 3,06 triliun per kuartal III-2022.

Siloam juga mencatatkan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Rp 858,90 miliar. Laba bersih tersebut melonjak 91,20 persen dari sebelumnya Rp 449,21 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya