BI Sediakan 4.713 Titik Penukaran Uang Tunai di Lebaran 2024, Simak Lokasinya!

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, dalam Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, Jumat, 15 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyiapkan 4.713 titik penukaran uang baru layak edar, untuk periode Ramadan dan Lebaran tahun 2024. BI pun menggandeng 16 bank untuk bekerja sama, dalam upaya memberikan layanan penukaran uang tunai di momentum Ramadan-Idul Fitri tersebut.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim menegaskan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan uang bagi pihak-pihak perbankan di Tanah Air.

Dia bahkan memastikan bahwa nantinya uang-uang tunai tersebut akan dialirkan, hingga ke daerah-daerah di seluruh penjuru Indonesia.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Pemenuhan kebutuhan uang perbankan akan kami penuhi sampai level daerah, sehingga pihak perbankan bisa melakukan layanan penukaran uang di 4.264 titik bagi masyarakat," kata Marlison dalam Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, Jumat, 15 Maret 2024.

Petugas menghitung uang saat penukaran uang yang digelar oleh Tim Penukaran Uang Keliling Bank Indonesia, di Desa Klaces, Kampung Laut, Cilacap, Jateng, 10 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Dia pun membeberkan ke-16 bank yang telah bekerja sama dengan BI, untuk memberikan layanan penukaran uang tunai layak edar tersebut.

Di antaranya yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, BSI, Bank DKI, CIMB Niaga, Maybank, Bank Muamalat, OCBC NISP, Bank Mega, Bank Sinarmas, Bank Danamon, BJB, dan Bank Permata.

Sementara lokasi lainnya bagi 449 titik layanan penukaran uang tunai itu, dapat dilihat dalam website www.pintar.bi.go.id. Apalagi, lanjut Marlison, pihak BI juga akan mengunjungi tempat-tempat keramaian seperti ritel, pasar tradisional, dan lokasi-lokasi lainnya, dengan menggunakan mobil Kas Keliling (Kaskel) untuk memberikan layanan penukaran uang tunai tersebut.

Bahkan, layanan penukaran uang tunai ini juga akan dilakukan dengan cara susur sungai, seperti yang biasanya dilakukan di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, dan Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat yang memang membutuhkan penukaran uang tunai.

"Di tempat-tempat keramaian seperti ritel dan pasar, di titik arus mudik terutama di jalan tol ruas Jawa, Lampung, Sumatera dan Medan. Khusus di Jawa kita buka di km 57, mulai tanggal 2-5 April 2024," ujarnya.

Diketahui, masyarakat dapat melihat titik-titik penukaran uang tunai dan waktu layanannya, dengan menggunakan aplikasi PINTAR. Masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang tunai secara langsung pada kas keliling BI, selama kuota masih tersedia.

Berikut adalah titik penukaran uang tunai yang tersedia di wilayah Jabodebek:

1. Pasar Senen

2. Pasar Pramuka

3. Pasar Rawa Bening

4. Pasar Koja

5. Kas Keliling (Kaskel) Kepulauan Seribu

6. Pasar Palmerah

7. Pasar Tebet Barat

8. Pasar Kramat Jati

9. Pasar Kopro

10. Pasar Rawa Bening

11. Pasar Slipi

12. KasKel Karawang

13. KasKel Terpadu Istora Senayan

14. Rest Area KM 57.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya