Menhub Budi Harap Bandara Singkawang Bakal Dukung Konektivitas di Kalbar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau Bandara Singkawang di Kelurahan Pangmilang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Bandara tersebut rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 20 Maret 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Budi memastikan kesiapan fasilitas bandara baik dari sisi darat dan udara, fasilitas keamanan dan keselamatan penerbangan, serta fasilitas peralatan mekanikal dan elektrikal. 

"Kita berharap Bandara Singkawang akan mendukung konektivitas di Kalimantan Barat," kata Budi Karya dalam keterangannya, Senin, 18 Maret 2024.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Dia menjelaskan, Bandara Singkawang merupakan bandara baru yang berada di Kota Singkawang, yang dibangun untuk meningkatkan konektivitas, potensi pariwisata, pertumbuhan ekonomi, peluang usaha, serta akan membuka peluang kerja di Kalimantan Barat, khususnya di Singkawang.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • Dok. Kemenhub
4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Bandara ini dibangun melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari para pengusaha lokal Singkawang. "Sedikitnya, ada delapan pengusaha lokal yang berinvestasi pada pembangunan Bandara Singkawang," ujarnya.

Bandara Singkawang dibangun mulai 2019-2023, dan ditargetkan beroperasi pada April 2024. Bandara ini memiliki runway sepanjang 1400 m x 30 m, taxiway 200 m x 18 m, apron 100 m x 50 m, dan terminal kargo seluas 312 meter persegi yang dibangun menggunakan APBN. 

Sementara, gedung terminal penumpang seluas 8.000 meter persegi dan perpanjangan runway menjadi 2.000 meter dibangun menggunakan dana CSR.

"Dengan runway sepanjang 2.000 meter, Bandara Singkawang dapat didarati pesawat Airbus A320," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya