2,5 Tahun Diberlakukan, Puluhan Perusahaan Telah Gunakan Materai Elektronik

Best Pemungut Award 2024.
Sumber :
  • Dokumentasi Stockbit.

Jakarta – PT Peruri Digital Security (PDS) menyampaikan bahwa telah mengimplementasi meterai elektronik selama berjalan hampir 2,5 tahun saat ini. Sejak, PDS mendapatkan amanah dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai distributor meterai elektronik.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Tetty Herawati Siregar, Direktur Utama PT Peruri Digital Security mengungkapkan, puluhan perusahaan pun telah menggunakan materai elektronik yang dikeluarkan pihaknya hingga saat ini. Hal itu disampaikanya dalam acara Appreciation and Sharing Session 2024: Maintain and Improve the Continuation of Companies' Sustainability, Security, and Information Technology in Indonesia’s Digital Ecosystems, di Jakarta.

“Telah terdapat 75 perusahaan yang ditunjuk sebagai pemungut yang telah Go-Live dan menggunakan meterai elektronik PDS,” kata Tetty dikutip dari keterangannya, Selasa, 19 Maret 2024.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Tunjung Nugroho, Kepala Subdirektorat Peraturan PPN Perdagangan Jasa dan Pajak Tidak Langsung Lainnya DJP, menyampaikan, pemungutan meterai elektronik merupakan amanat aturan pemerintah. Yaitu, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 151/PMK.03/2021 Tentang Penetapan Pemungut Bea Meterai dan Tata Cara Pemungutan, Penyetoran dan Pelaporan Bea Meterai.

Peluncuran materai elektronik.

Photo :
  • istimewa
Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

“Hasil pungutan bea meterai elektronik tersebut akan digunakan untuk pembangunan negara. Oleh karena itu, DJP berterima kasih kepada Perum Peruri, PDS, dan para Pemungut atas kerja sama dan kolaborasi yang baik selama ini,” katanya.

Sementara itu, Perusahaan sekuritas anggota Bursa Efek Indonesia, PT Stockbit Sekuritas Digital, meraih dua penghargaan Best Pemungut Award 2024 pada gelaran tersebut. Stockbit diganjar penghargaan ‘Gold Category’ untuk perusahaan yang melakukan pemungutan bea meterai > 50.000 stamps setiap bulannya. Serta “’nnovator Impact’ untuk inovasi yang Stockbit lakukan dalam hal cara memungut bea meterai.

Direktur Utama PT Stockbit Sekuritas Digital, Megawati Andrew Soewardi, mengatakan bahwa transformasi digital yang cepat di sektor jasa keuangan turut memudahkan perusahaan memberikan layanan terbaik kepada para nasabah sambil tidak lupa berkontribusi pada pembangunan negara.

“Kami berterima kasih atas kerjasama yang baik serta kepercayaan dari PDS dan regulator kepada Stockbit. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan mendukung akselerasi pertumbuhan penggunaan meterai elektronik,” kata Megawati.

Aplikasi layanan digital Peruri.

Photo :
  • istimewa

Sebagai informasi, Stockbit baru-baru ini memperkenalkan inovasi barunya, yakni Stockbit Desktop App. “Setelah meresmikan Galeri Investasi Digital di bulan Januari 2024, kini Stockbit menghadirkan Desktop App yang spiritnya adalah untuk membuat pengalaman investasi semakin modern serta meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya generasi muda, di pasar modal,” tutup Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya