Petani Terdampak Banjir di Kendal, Mentan Gelontorkan Bantuan

Aktivitas warga Kendal, Jawa Tengah terganggu imbas banjir rob. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa/Teguh Sutrisno

Jakarta - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran) mengelontorkan, bantuan untuk para petani terdampak banjir Kendal, Jawa Tengah. Bantuan itu di antaranya alat mesin hingga benih gratis. 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Amran mengatakan, penyaluran berbagai bantuan itu dilakukan agar aktivitas produksi tetap berjalan dan petani tidak mengalami kerugian yang mendalam. 

“Kita datang, kita lihat langsung, kita berikan solusi, pertama adalah selamatkan padi dengan mengirim pompa dan combine harvester, Insya Allah alat panen combine ini tiba sore nanti” kata Amran dalam keterangannya Jumat, 22 Maret 2024. 

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Photo :
  • Kementan

Selanjutnya, Amran mengaku telah meminta jajarannya di Kementerian Pertanian agar segera menyalurkan benih gratis. “Yang kedua adalah benih yang 1000 hektar kita ganti dan gratis” tegasnya. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Lebih lanjut ia berjanji akan memberi solusi permanen berupa pompanisasi dan perawatan saluran. Ia mengatakan mesin pompa tersebut dapat dimaksimalkan untuk segera menyedot air banjir yang menggenangi areal persawahan. 

Selain mesin pompa, solusi juga diberikan dengan melibatkan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) berupa teknologi untuk memodifikasi hujan.  

“Kita berikan solusi permanen, ada lima pompa kita akan pasang di sini, dan selanjutnya adalah BNPB, beliau akan membuat semacam teknologi yang dapat  memodifikasi hujan atau cuaca, sehingga hujannya bisa di arahkan ke tempat lain” terangnya. 

Melengkapi bantuan yang disalurkan tersebut, Amran menyebut akan memberi berbagai jenis bantuan alat mesin pertanian bantuan pemerintah secara gratis. Dia berpesan bantuan-bantuan tersebut agar dapat dikelola dan dimanfaatkan bersama oleh petani di sekitar wilayah Kendal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya