6 Tips Keuangan Hemat dan Berkah di Bulan Ramadhan

Ilustrasi tagihan uang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bulan Ramadhan seringkali dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan, namun juga dapat menjadi tantangan dalam mengelola keuangan dengan bijak. Di tengah meningkatnya kebutuhan selama bulan Ramadhan, penting bagi kita untuk tetap bijak dalam mengelola keuangan

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Meskipun ada godaan untuk membeli lebih banyak makanan dan melakukan pengeluaran tambahan, namun disiplin dan berhati-hati dalam mengelola keuangan dapat membawa berkah yang besar. Berikut ini tips hemat di bulan Ramadhan dilansir dari Instagram @sikapiuangmu yang dikelola OJK. Scroll ke bawah untui simak artikel selengkapnya. 

1. Evaluasi Pengeluaran

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Pixabay/ Preis_King

Langkah pertama yang penting adalah melakukan evaluasi terhadap pengeluaran selama bulan Ramadhan. Tinjau kembali anggaran dan lihat apa yang bisa dikurangi agar pengeluaran menjadi lebih efisien.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

2. Pendapatan Tambahan

Ilustrasi transaksi uang.

Photo :
  • Pixabay

Untuk menguatkan arus kas, pertimbangkan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Anda bisa memanfaatkan usaha online atau kegiatan kecil-kecilan lainnya yang sesuai dengan kemampuan dan waktu luang yang dimiliki.

3. Utamakan Kewajiban

Ilustrasi utang.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Meskipun bulan Ramadhan, jangan lupakan kewajiban finansial seperti membayar tagihan dan utang tepat waktu dan tepat jumlah. Hal ini penting untuk mencegah adanya bunga atau denda yang tidak perlu.

4. Rencanakan Keuangan

Ilustrasi asuransi/keuangan.

Photo :
  • Pixabay/Stevepb

Susunlah tujuan keuangan yang jelas dan terukur untuk bulan Ramadhan. Dengan memiliki rencana keuangan yang baik, kamu dapat lebih mudah mengatur pengeluaran dan menyimpan uang untuk keperluan mendatang.

5. Manfaatkan Tabungan

ilustrasi liburan tanpa habiskan tabungan

Photo :
  • Halomoney.co.id

Manfaatkan tabungan yang sudah kamu miliki untuk aktivitas produktif dan bermanfaat selama bulan Ramadhan. Jangan ragu untuk menggunakan uang yang sudah ditabung untuk keperluan yang benar-benar diperlukan.

6. Disiplin dan Konsisten

Ilustrasi tagihan uang

Photo :
  • Istimewa

Patuhi rencana keuanganmu dengan disiplin dan konsisten. Lakukan evaluasi rutin terhadap keuangan untuk memastikan bahwa kamu tetap berada dalam jalur yang benar.

Dengan menerapkan keenam tips hemat dan berkah ini, kamu dapat mengelola keuangan dengan bijak dan mendapatkan berkah yang besar selama bulan Ramadhan. Ingatlah bahwa setiap langkah kecil menuju keberkahan finansial adalah langkah yang bernilai di mata Tuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya