Mendag Zulhas Jamin Stok Bahan Pokok Cukup hingga Lebaran

Mendag Zulkifli Hasan mengencek harga Sembako didampingi Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Jakarta – Semua ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) selama bulan suci Ramadan hingga Lebaran diklaim akan tercukupi.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

“Stoknya cukup, banyak, beras udah panen dan hampir panen raya, cabe, bawang juga sekarang musimnya bagus,” ucap Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), Senin 25 Maret 2024.

Mendag Zulhas memberikan keterangan pers usai meninjau Pasar SS Klender, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin, 26 Februari 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Zulhas mengatakan, lantaran stok yang cukup, bila ada kenaikan harga Bapokting itu karena faktor pengiriman atau transportasi. Pasalnya, memasuki masa arus mudik dan balik bisa menghambat proses pengiriman bahan baku.

“Harganya naik maka kami sudah minta warga, pemerintah daerah untuk menggunakan bantuan cadang dan tidak terduga itu untuk subsidi transportasinya. Jadi InsyaAllah selama ramadan sampai lebaran harga tidak naik,” kata dia.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menambahkan, stok cadangan pangan pun sudah tercukupi dengan angka mencapai 1,2 juta ton.

“Saya menyampaikan bahwa cadangan pangan pemerintah sangat cukup, hari ini ada 1,2 juta ton. Kemudian tadi Pak Mendag sudah sampaikan ada kerjasama antar daerah,” kata Arief.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi

Photo :
  • Antara

Untuk proses distribusi bahan pokok disebutnya tak bakal terlalu terkendala. Hal itu karena adanya aturan Polri yang sudah mengecualikan adanya pembatasan angkutan bagi bahan pokok.

“Pak Kapolri juga sudah mendukung bahwa transportasi yang berkaitan dengan Sembako tidak akan terhambat, jadi panen untuk bulan ini beras 3 ,8 juta ton. Kemudian bulan depan 4 ,9 juta ton dari kebutuhan 2 ,5 juta ton. Jadi stock kami pastikan cukup,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya