CEO Boeing Dave Calhoun Mengundurkan Diri Setelah Insiden Panel Kabin Lepas

Pesawat Boeing 737 Max.
Sumber :
  • AP Photo/Elaine Thompson

Jakarta – Chief Executive Officer (CEO) Boeing, Dave Calhoun mengumumkan rencana pengunduran diri di tengah perombakan besar-besaran dalam manajemen perusahaan pembuat pesawat tersebut. Pengunduran diri itu disampaikan saat perusahaan tersebut berjuang untuk memperbaiki reputasinya menyusul insiden lepasnya panel kabin yang mengerikan. Bahkan penumpang juga mendengar adanya ledakan.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Calhoun menyatakan, pengunduran dirinya akan dilakukan pada akhir tahun ini. Ia menyatakan berencana untuk menyelesaikan pekerjaan penting yang sedang dilakukan selama beberapa bulan mendatang. "Untuk menstabilkan dan memposisikan perusahaan untuk masa depan,” katanya seperti dikutip dari The Guardian, Selasa, 26 Maret 2024.

Boeing 737 Max

Photo :
  • Boeing
INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Boeing berusaha keras untuk meyakinkan regulator, maskapai penerbangan, dan penumpang sejak jet baru 737 Max 9 terpaksa melakukan pendaratan darurat pada bulan Januari.

Insiden dramatis dalam penerbangan Alaska Airlines–yang menyebabkan 171 jet Max 9 dilarang terbang selama beberapa minggu – telah memicu krisis keselamatan terbesar bagi Boeing sejak jatuhnya dua jet Max 8 miliknya, pada tahun 2018 dan 2019, yang menewaskan 346 orang.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Larry Kellner, ketua dewan direksi Boeing dikabarkan juga akan meninggalkan jabatannya. Sementara itu, Stan Deal, yang memimpin bisnis pesawat komersial Boeing, juga segera meninggalkan pekerjaannya. Dia digantikan oleh Stephanie Pope, Chief Operating Officer grup tersebut.

“Mata dunia tertuju pada kami, dan saya tahu bahwa kami akan melewati momen ini dengan menjadi perusahaan yang lebih baik,” kata Calhoun. 

“Kami akan tetap fokus menyelesaikan pekerjaan yang telah kita lakukan bersama untuk mengembalikan stabilitas perusahaan setelah menghadapi tantangan luar biasa selama lima tahun terakhir, dengan mengutamakan keselamatan dan kualitas dalam segala hal yang kami lakukan,” sambungnya.

Penampakan pintu pesawat Alaska Airlines yang terlepas

Photo :
  • Instagram @aviatren

Steve Mollenkopf, yang menjabat sebagai dewan direksi Boeing sejak 2020, didapuk menggantikan Kellner sebagai ketuanya. Mollenkopf akan memimpin pencarian pengganti Calhoun.

Mereka yang terakhir kali merekrut CEO Boeing tidak mencari jauh-jauh. Calhoun, yang menjabat pada Januari 2020, adalah seorang veteran di dewan grup, dan menjabat sebagai ketua selama beberapa bulan pada tahun sebelumnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Dave atas kepemimpinannya yang luar biasa di perusahaan kami dan saya tahu dia akan menyelesaikan pekerjaannya tahun ini yang dia mulai pada tahun 2020 untuk memposisikan Boeing, dan karyawan kami, demi masa depan yang lebih kuat,” kata Kellner.

Saham Boeing dibuka lebih tinggi di New York pada hari Senin waktu setempat, sebelum melemah. Menjelang pagi, saham tersebut naik 1 persen.

Saham kelompok ini berada di bawah tekanan dalam beberapa bulan terakhir, turun sekitar seperempat sejak pergantian tahun karena insiden di Alaska menimbulkan pertanyaan baru mengenai kualitas pesawat mereka. Regulator dan maskapai penerbangan menuntut jawaban.

Laporan awal Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menemukan bahwa panel kabin yang menerbangkan jet Max 9 baru Alaska pada bulan Januari tampaknya tidak memiliki empat baut kunci. NTSB secara terbuka mengkritik Boeing bulan ini karena gagal mengungkapkan rincian terkait penyelidikannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya