Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana
Sumber :
  • freepik

VIVA – Manajer reksa dana bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio investasi dari reksa dana yang mereka kelola. Dikutip dari unggahan akun Instagram @sikapiuangmu, berikut adalah beberapa langkah umum yang dilakukan oleh seorang manajer reksa dana dalam menjalankan tugasnya.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

1. Pengumpulan dana

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Photo :
  • freepik
27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Langkah pertama yaitu manajer investasi akan mengumpulkan dana dari para investor dengan menjual unit penyertaan reksa dana. Investor yang berpartisipasi menjadi pemilik sebagian dari portfolio investasi reksa dana sesuai dengan jumlah unit penyertaan yang dimiliki.

2. Pembentukan portofolio

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Langkah selanjutnya, manajer investasi menggunakan dana yang terkumpul untuk membentuk portofolio investasi. Mereka akan melakukan analisis pasar dan memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan kebijakan investasi reksa dana, seperti saham, obligasi, atau instrumen pasar uang.

3. Pengelolaan portofolio

Manajer investasi secara aktif mengelola portfolio investasi reksa dana dan membuat keputusan beli atau jual instrumen investasi untuk mencapai tujuan investasi dan memberikan hasil yang optimal kepada para pemegang unit.

4. Diversifikasi risiko

ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Photo :
  • freepik

Tugas selanjutnya seorang manaher investasi yaitu diversifikasi risiko. Manaier investasi akan melakukan investasi ke berbagai instrumen tau sektor untuk mengurangi risiko portofolio.

5. Pemeliharaan dan pelaporan

Selanjutnya, manajer investasi bertanggung jawab untuk menjaga kinerja dan keberlanjutan reksa dana. Memberikan laporan berkala kepada investor mengenai kinerja, alokasi aset, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi investasi.

6. Penjualan dan penebusan unit

Langkah terakhir manajer investasi yaitu melakukan penjualan dan penebusan unit. Investor dapat membeli atau menjual unit penyertaan reksa dana pada harga yang dihitung berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit. Manajer investasi memproses transaksi ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain langkah-langkah tersebut, manajer reksa dana juga harus mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku, serta menjaga transparansi dan integritas dalam pengelolaan dana investor. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga kepentingan terbaik para investor reksa dana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya