Sambut Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp 39,44 Triliun

Ilustrasi uang tunai/gaji/pesangon.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyiapkan uang tunai sebesar Rp 39,44 triliun menjelang dan sesudah Lebaran Idul Fitri 2024. Jumlah uang itu dialokasikan untuk 19 hari kalender terhitung sejak 1 April 2024 hingga 19 April 2024.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan, selain meningkatkan alokasi uang tunai ini juga melengkapi layanan BTN Mobile untuk memenuhi dan mempermudah kebutuhan transaksi perbankan para nasabahnya. 

"BTN menyiapkan uang tunai senilai Rp 39,44 triliun untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai nasabah menjelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 2024," kata Ramon dalam keterangannya, Rabu, 27 Maret 2024.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Bank BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Adanya peningkatan alokasi uang tersebut, lanjut Ramon, sejalan dengan proyeksi peningkatan transaksi masyarakat selama hari raya Idul Fitri 2024. Adapun, kenaikan alokasi uang tunai tersebut mencapai sebesar 1,3 kali dibanding kas normal harian yang saat ini mencapai Rp 2,07 triliun. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

“Kami terus berupaya agar nasabah BTN dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman selama perayaan Idul Fitri 2024,” jelasya

Ramon merinci perseroan akan mengalokasikan sebanyak 30 persen dari total dana atau senilai Rp 11.83 triliun untuk pengisian mesin ATM BTN yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Sementara itu, sebesar 70 persen dari total dana atau senilai Rp 27,61 triliun akan dianggarkan untuk kas pada seluruh outlet BTN. Hingga akhir 2023, BTN tercatat memiliki 727 outlet konvensional dan syariah, serta 2.115 mesin ATM dan CRM (Cash Recycling Machine) di seluruh Indonesia. 

Ramon juga mengatakan, pada periode libur panjang Idul Fitri yang ditentukan pemerintah, BTN juga akan menjalankan operasional terbatas untuk sejumlah jaringan kantor perseroan. Pemberlakuan operasional terbatas dilakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah atas layanan perbankan.

Di sisi transaksi elektronik, Ramon menambahkan, nasabah dapat menikmati kemudahan pengambilan uang tunai tanpa kartu melalui aplikasi BTN Mobile. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya