Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

Deretan Peraih Best Mutual Fund Awards 2024 (Doc: Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta – Sebanyak 63 produk reksa dana yang dikelola 25 manajer investasi (MI) sabet penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024. Penghargaan ini diberikan atas kerja sama media online investortrust.id dengan Lembaga pemeringkat reksa dana, Infovesta Utama. 

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

Produk reksa dana yang meraih penghargaan tersebut merupakan gabungan dari berbagai jenis reksa dana, dengan periode waktu penilaian 1-5 tahun. Khusus untuk reksa dana saham, menggunakan periode penilaian 3-10 tahun.

Sementara itu, sebanyak 12 penghargaan diberikan untuk reksa dana campuran, 12 penghargaan untuk reksa dana ETF Indeks, dan 12 reksa dana pasar uang, 12 produk RD Pendapatan Tetap Rupiah, tiga reksa dana pendapatan tetap dolar AS, serta 12 penghargaan reksa dana saham.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

“Industri reksa dana sedang menghadapi tantangan untuk memberikan return optimal bagi pemegang unit dalam beberapa tahun terakhir, karena fluktuasi pasar yang cukup tajam. Apresiasi patut diberikan untuk 64 produk reksa dana dari 25 manager investasi yang masih mampu mencatat kinerja positif di tengah tantangan tersebut,” kata CEO Investortrust, Primus Dorimulu, dalam keterangannya, Rabu, 27 Maret 2024.

CEO Investortrust, Primus Dorimulu.

Photo :
  • Istimewa.
Gibran Absen di Upacara Hari Otoda, Tak Dapat Penghargaan Satyalencana

Untuk meraih predikat sebagai Best Mutual Fund 2024, tiap produk reksa dana  wajib memenuhi kriteria penilaian yang dirumuskan Infovesta. Selain itu, produk tersebut juga harus teruji dari sisi ketepatan strategi dan fleksibilitas pengelolaan, yang sebagaimana diterapkan para manajer investasi

Kepiawaian masing-masing Manajer Investasi dalam mengelola reksa dana direspons para investor sebagai pemegang unit. pPnentuan peraih penghargaan menggunakan bobot 70 persen untuk aspek kinerja, dan 30 persen untuk aspek pertumbuhan Unit Penyertaan (UP). Setelah melalui proses seleksi, 64 reksa dana dari 25 MI ditetapkan meraih Best Mutual Fund Awards 2024. 

Jumlah penghargaan yang diraih 25 manajer investasi (MI) tahun ini bervariasi. Mulai dari MI yang meraih hingga 6 penghargaan, dan ada 10 MI yang meraih masing-masing satu penghargaan.

Apresiasi diberikan untuk PT Insight Investments Management yang memborong 7 penghargaan, kemudian disusul PT Sucorinvest Asset Management 6 penghargaan, dan PT Henan Putihrai Asset Management 5 penghargaan.

Best Mutual Fund Award 2024.

Photo :
  • Istimewa.

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, PT Sinarmas Asset Management, dan PT Trimegah Asset Management masing-masing meraih 4 penghargaan.

Selanjutnya ada 5 manajer investasi yang meraih 3 penghargaan, 4 manajer investasi yang meraih 2 penghargaan, serta 10 manajer investasi masing-masing meraih satu penghargaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya