Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Kendaraan melintas di kawasan perkebunan kelapa sawit PTPN VI, Sariak, Pasaman Barat, Sumatra Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) realisasinya per tahun rata-rata hanya mencapai 50 ribu hektar per tahun. Jumlah itu jauh dari target yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar 180 ribu hektar per tahun.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Hal itu disampaikan Airlangga dalam Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Tahun 2019-2024. 

"Rata-rata kita baru mencapai sekitar 50 ribu hektar per tahun, dan ini kurang dari 30 persen dari target yang waktu itu dicanangkan bapak presiden 180 ribu hektar per tahun," kata Airlangga di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis, 28 Maret 2023.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Airlangga mengatakan, Pemerintah akan meningkatkan biaya pada program peremajaan sawit dari Rp 30 juta per hektar menjadi dua kali lipat sebesar Rp 60 juta per hektar. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

"Kita berharap dengan kenaikan biaya menjadi Rp 60 juta itu nanti tidak hanya di tahun pertama, tapi tahun kedua dan ketiga bisa dibiayai untuk penghidupan para pekebun," jelasnya.

Adapun pada tahun 2023, realisasi program PSR mencapai 53.012 hektare atau meningkat 72,35 persen, dibandingkan capaian tahun 2022 yang sebesar 30.759 hektar. Dalam hal ini penyaluran dana PSR di tahun 2023 mencapai Rp 1,5 triliun yang diberikan kepada 21.020 pekebun.

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Program ini merupakan upaya Pemerintah meningkatkan produktivitas dan produk sawit rakyat. Pemerintah pun terus berkomitmen mendukung sektor perkebunan kelapa sawit salah satunya melalui program PSR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya