KCIC Bakal Periksa Tiket Penumpang Whoosh Secara Acak, Cegah Kekeliruan Data

Kereta Whoosh (Doc: KCIC)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta – Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), menerapkan pengecekan kesesuaian tiket dan identitas penumpang yang melakukan perjalanan dengan Kereta Cepat Whoosh.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Pengecekan ini dilakukan secara acak oleh petugas di stasiun dan kondektur pada saat perjalanan Whoosh. 

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyebutkan, pemeriksaan tiket dilakukan untuk memastikan kesesuaian data antara penumpang dengan tiket yang dimiliki.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Whoosh

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Saat di stasiun, petugas akan melakukan pemeriksaan identitas penumpang secara acak sebelum melakukan check-in. Selain itu, pemeriksaan secara acak juga akan dilakukan oleh kondektur selama dalam perjalanan.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Adapun hal-hal yang akan dilakukan pengecekan adalah kesesuaian nama dan nomor kartu identitas pada tiket, serta jadwal perjalanan, seperti tanggal dan jam keberangkatan. 

"Pemeriksaan ini dilakukan sebagai bagian dari protokol keamanan kereta cepat Whoosh. Selain itu pemeriksaan ini juga dilakukan untuk memastikan jika penumpang yang berangkat sesuai dengan data manifes perjalanan yang ada," ujar Eva dalam siaran persnya, pada Minggu, 31 Maret 2024.

Kesesuaian data penumpang ini juga berkaitan dengan asuransi perjalanan yang didapatkan penumpang, sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni setiap penumpang kereta cepat Whoosh mendapatkan asuransi perjalanan sebagai bentuk jaminan pada penumpang.

Jika data tidak sesuai, maka risikonya adalah penumpang yang bersangkutan tidak tercover oleh asuransi.

Kereta Cepat Whoosh (dok. KCIC)

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Selama masa sosialisasi, jika terdapat penumpang yang datanya tidak sesuai, maka penumpang akan diberikan edukasi oleh petugas agar ke depannya mengisi data dengan sesuai.

Seusai masa sosialisasi, jika masih didapati penumpang yang tidak sesuai datanya, maka akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

KCIC juga mengimbau kepada masyarakat, agar saat melakukan pemesanan tiket, data yang dimasukkan sesuai dengan dokumen identitas asli yang dimiliki seperti KTP atau paspor. Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai sebelum menyelesaikan transaksi tiket. 

"Demi kelancaran dan kenyamanan proses layanan, kami harap calon penumpang bisa memperhatikan hal-hal terkait dengan data penumpang dan jadwal perjalanan. Terlebih menjelang angkutan lebaran, jumlah penumpang akan semakin meningkat. Jangan lupa untuk lakukan pemesanan tiket Whoosh melalui saluran resmi agar terhindar dari praktik percaloan," tutup Eva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya