Pelindo Raup Laba Bersih Rp 4,01 Triliun di 2023

Ilustrasi Kapal Pesiar yang singgah di Pelabuhan Pelindo,
Sumber :
  • Dok. Pelindo III

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo, berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 4,01 triliun (audited) di sepanjang tahun 2023. Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan, capaian laba bersih itu tumbuh 2,6 persen secara year-on-year (yoy), dibandingan perolehan di tahun 2022 lalu.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

"Kinerja ini menunjukkan bahwa Pelindo tumbuh dengan baik dan solid dari tahun ke tahun, pascamerger di tengah tantangan perekonomian global," kata Arif dalam keterangannya, Kamis, 4 April 2024.

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Dia menambahkan, Pelindo menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, konektivitas antarpulau, serta keberlanjutan sektor maritim Indonesia. Sehingga, hal itu diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan, bagi kemajuan bangsa.

"Hal ini terlihat dari kinerja yang solid, membuat Peindo tetap mengalami peningkatan kinerja pada tahun 2023," ujarnya.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

Selain itu, kontribusi Pelindo pada Negara juga tercatat meningkat, yaitu mencapai Rp 7,3 triliun. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 yang senilai Rp 7,2 triliun.

Kontribusi tersebut diberikan melalui setoran dividen, PNBP, Konsesi, PPH, PPN dan PBB. Capaian positif Pelindo pada 2023 ini juga didukung dengan keberlanjutan program-program transformasi, yang dilakukan terus menerus sejak merger pada Oktober 2021.

Pertumbuhan kinerja keuangan Pelindo sejalan dengan kinerja operasional yang juga membukukan tren positif. Arus peti kemas mencapai 17,7 juta TEUs, atau meningkat sebesar 3 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Demikian juga arus barang yang terealisasi sebesar 170 juta ton, tumbuh 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, arus kapal yang keluar masuk pelabuhan mencapai 1,28 miliar GT, atau naik 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Di sisi lain, arus penumpang mencapai 18,1 juta orang atau meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya