H-6 Lebaran, Pemudik Motor via Pelabuhan Ciwandan Terpantau Masih Landai

Pemudik menggunakan sepeda motor [dok. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Memasuki H-6 Lebaran, trafik pemudik motor yang akan menyeberang dari pulau Jawa ke Sumatera via Pelabuhan Ciwandan terpantau masih landai. Sementara trafik kendaraan truk logistik golongan VI dan VII cukup ramai dan terkendali.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, pantauan data posko Merak per H-7, mencatat 2.435 kendaraan roda dua dan 1.211 kendaraan logistik telah diseberangkan menuju Bakauheni.

"Secara total, realisasi produksi mencapai 3.646 unit kendaraan," kata Shelvy dalam keterangannya, Kamis, 4 April 2024.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Para pemudik yang mengendarai sepeda motor memadati Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, pada Selasa malam, 18 April 2023.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Data produksi ASDP menunjukan bahwa trafik kendaraan yang dialihkan menuju Ciwandan, yakni kendaraan roda dua atau golongan I, II, dan III, sampai Kamis siang, 4 April 2024 terpantau masih landai. Sebaliknya, trafik kendaraan truk yang didominasi golongan VI dan VII, cukup ramai, namun terpantau ramai lancar hingga sore ini.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Shelvy mengungkapkan, truk golongan VIB dan VII terpantau sudah mengalami kenaikan. Utamanya sejak pertama kali diberangkatkan pada Rabu (3/4) pukul 01.30 WIB dini hari, menggunakan KMP Kumala.

Dia memastikan bahwa kondisi tersebut telah diprediksi sebelumnya, dengan merujuk data dari jumlah pemesanan tiket ASDP hingga Kamis (4/4) pagi. Dimana memperlihatkan bahwa reservasi tertinggi rute Ciwandan-Bakauheni jatuh pada pemberangkatan perdana, dengan tingkat reservasi mencapai 82.49 persen dari total kuota yang disediakan. 

Saat ini, jumlah reservasi tiket online sepeda motor dari H-7 hingga H-1, masih berada di angka 10.128 unit atau sebesar 26,9 persen dari total kuota yang tersedia. Karenanya, Shelvy mengimbau agar para pemudik yang akan melalui Ciwandan, untuk segera melakukan pemesanan tiket online secara mandiri demi menjaga kelancaran dan kenyamanan semua pihak selama arus mudik

"Khususnya bagi yang melalui pelabuhan Ciwandan, diharapkan pengguna jasa telah membeli tiket yang tersedia online melalui aplikasi Ferizy paling lambat H-1 keberangkatan," ujarnya.

Diketahui, rute lintasan Ciwandan-Bakauheni yang berjarak 18 mil, akan memakan waktu tempuh hingga 120 menit. Sebanyak 10 kapal akan melayani penyeberangan melalui dermaga 3, 7, dan 5a pelabuhan Ciwandan. Yakni KMP Kumala, KMP Als Elvina, KMP Wira Artha, KMP Dorothy, KMP Trimas Fhadila, KMP Rishel, KMP Titian Nusantara, KMP Rajakarta, KMP Panorama, dan KMP Amadea dengan total 21 trip per hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya