Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Mudik 2024

Pesawat Garuda Indonesia
Sumber :
  • Dok. Garuda Indonesia

Jakarta - Garuda Indonesia dan anak usahanya, Citilink, mencatat 82.168 orang penumpang dalam momentum puncak arus keberangkatan peak season Lebaran 2024 yang jatuh pada Sabtu, 6 April 2024.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 37.737 orang penumpang, sementara Citilink mengangkut sedikitnya 44.431 penumpang dari total 522 penerbangan yang dioperasikan Garuda Indonesia Group.

"Jumlah penumpang dalam arus mudik Lebaran 2024 kali ini mencatatkan pertumbuhan mencapai 31 persen dibandingkan puncak arus keberangkatan mudik Lebaran tahun lalu yang mencatat angka 63 ribuan penumpang," kata Irfan dalam keterangannya, Sabtu, 6 April 2024.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Pesawat maskapai Citilink (foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVAnews / Dwi Royanto

Dia menambahkan, jumlah tersebut diproyeksi masih terus bergerak dinamis menyesuaikan dengan mobilisasi masyarakat yang meningkat signifikan jelang momentum Lebaran tahun ini.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Garuda Indonesia Group akan terus berupaya mengoptimalkan kapasitas produksi, khususnya terkait dengan ketersediaan layanan yang aman dan nyaman guna melayani periode mudik Lebaran tahun 2024.

"Kami akan terus optimalkan dengan kesiapan layanan operasional kami mulai dari pre-flight, in-flight, hingga post-flight di seluruh touch point layanan penumpang, sehingga mobilisasi masyarakat yang ingin bepergian dapat berlangsung lancar dan optimal,” ujar Irfan.

Berbagai kesiapan operasional mencakup pelaksanaan berbagai langkah mitigasi, telah dilakukan untuk memastikan kesiapan armada pesawat Garuda dalam kondisi prima dan layak terbang. Yakni dengan melakukan perawatan berkala dan menyeluruh, memastikan awak pesawat dalam kondisi prima untuk melayani penumpang, hingga memastikan ground service termasuk penanganan bagasi dilakukan sesuai standar prosedur yang berlaku.

"Kami juga berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan stakeholders kebandaraan demi memastikan kelancaran operasional penerbangan berlangsung secara optimal," ujarnya.

Dalam momentum peak season Lebaran tahun 2024 kali ini, Garuda Indonesia mencatatkan trafik yang paling tinggi untuk beberapa rute penerbangan yang menjadi favorit masyarakat.

Misalnya Denpasar, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Semarang, dan Makassar untuk penerbangan domestik, serta Singapura untuk penerbangan internasional. Sedangkan rute-rute yang mencatatkan trafik tertinggi untuk penerbangan Citilink adalah Medan, Denpasar, Padang, Surabaya, Batam, Balikpapan, Palembang, dan Pontianak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya