BI: Kinerja Penjualan Eceran Maret Naik Ditopang Ramadhan dan Lebaran

Pasar Tanah Abang (ilustrasi penjualan eceran).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyebut, kinerja penjualan eceran pada Maret 2024 diprakirakan tetap kuat. Hal tersebut tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2024 sebesar 222,8, atau tumbuh sebesar 3,5 persen secara year on year (yoy). 

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan tetap kuatnya penjualan eceran ini ditopang oleh pertumbuhan di beberapa kelompok. 

"Tetap kuatnya penjualan eceran tersebut ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan pada beberapa kelompok, antara lain subkelompok sandang, kelompok suku cadang dan aksesori, serta kelompok bahan bakar kendaraan bermotor," kata Erwin dalam keterangannya, Rabu, 17 April 2024.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Penjualan eceran di Bali meningkat

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Erwin menjelaskan secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan meningkat dengan pertumbuhan sebesar 4,1 peen secara month to month (mtm). Hal ini sejalan dengan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul FItri.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

"Pertumbuhan sebesar 4,1 persen mtm, sejalan dengan peningkatan aktivitas masyarakat saat bulan Ramadan dan persiapan HBKN Idul Fitri, serta program potongan harga," jelasnya.

Dia menerangkan, seluruh kelompok diprakirakan berada pada zona ekspansi, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, diikuti subkelompok sandang dan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya.

Adapun pada Februari 2024, IPR tercatat meningkat mencapai 214,1 atau tumbuh 6,4 persen yoy. Kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh pertumbuhan kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang meningkat serta kelompok peralatan informasi dan komunikasi dan kelompok barang budaya dan rekreasi yang mengalami perbaikan meski masih dalam zona kontraksi. 

Erwin melanjutkan, secara bulanan penjualan eceran tumbuh sebesar 1,7 persen mtm. Hal ini terutama ditopang oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau, kelompok peralatan informasi dan komunikasi, serta kelompok barang budaya dan rekreasi. Menurutnya itu, sejalan dengan peningkatan kegiatan masyarakat pada periode HBKN Imlek, Pemilu 2024, dan persiapan kebutuhan menjelang bulan Ramadan.

Dari sisi harga, jelas Erwin, tekanan inflasi pada Mei dan Agustus 2024 diprakirakan menurun, tecermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Mei dan Agustus 2024 yang masing-masing tercatat sebesar 146,1 dan 136,9. Angka itu lebih rendah dari IEH bulan sebelumnya yang masing-masing sebesar 165,9 dan 146,7. 

"Prakiraan penurunan IEH pada Mei 2024 terutama seiring dengan normalisasi aktivitas masyarakat pasca HBKN Idul FItri," imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya