Beroperasi Juni 2024, Smelter Freeport di Gresik Bakal Diresmikan Jokowi?

Progres pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) saat sudah melampaui 80 persen.
Sumber :
  • Dok. PTFI

Jakarta – Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan JIIPE, Gresik ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada Juni 2024, sesuai rencana sebelumnya. Sedangkan, produksi penuh dengan kapasitas maksimal 100 persen akan bisa dilaksanakan pada Desember 2024. 

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Katri Krisnati mengatakan, pekerja Freeport fokus untuk operasi smelter tersebut dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja.

"Juni mulai operasi, commisioning sampai Mei, kita mengutamakan keselamatan mudahan-mudahan standard pada Juni ini tetap terpenuhi, kita tidak mau delay, semua komitmen untuk Juni," kata Katri di Jakarta, Rabu, 24 April 2024.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas saat kunjungan kerja ke proyek pembangunan smelter PTFI di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur.

Photo :
  • Dok. PTFI

Saat beroperasi pertama pada Juni, akan ada proses pemanasan smelter atau ramp up sampai semua fasilitas menyala secara optimal dan bisa mengolah konsentrat tembaga. Hal itu membutuhkan waktu atau gradual sekitar 6 sampai dengan 10 minggu untuk memasukkan konsentrat perdana. 

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

"Kita estimasi 10 minggu. Setelah itu (sekitar Agustus) kita baru masukan konsentratrnya 50 persen. Kapasitas kita kan produksi untuk 1,7 juta ton, jadi sekitar 800-an ribu bisa produksi konsentrat itu," katanya.

Saat ditanya apakah Presiden Jokowi akan meresmikan smelter Single Line terbesar di dunia itu, hal itu ditegaskan Katri, tergantung dari ketersediaan waktu dari Presiden.

"Pertengahan Agustus baru ada katoda. Mungkin (akan diresmikan Jokowi) tergantung availability waktu Presiden," katanya.

Setelah rampung proses ramp up, semuanya nanti akan full mengolah konsentrat dengan kapasitas total 1,7 ton pada Desember 2024.

"Jadi dari 50 persen (Agustus) sampai Desember bisa 100 persen," katanya.

Ia menegaskan, secara progres, semuanya masih berjalan sesuai rencana alias on time

"Secara progres sih kita on time. Di bulan Maret saja sudah 93 persen-an. Mudah-mudahan tidak ada kendala di commisioning dan Juni sudah mulai jalan atau semua sudah berfungsi," katanya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif optimistis Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur akan beroperasi pada Juni 2024 mendatang. Menurut Arifin, progres pembangunan ini sesuai rencana. 

"Saya apresiasi kesungguhan Freeport dalam mendukung kebijakan hilirisasi tambang. Saya optimistis Smelter PTFI dapat beroperasi pada Juni 2024," kata Arifin, Jumat, 1 Maret 2024. 

Arifin mengatakan, pembangunan pabrik pemurnian tembaga PTFI ini merupakan bagian dari program percepatan hilirisasi tambang yang dicanangkan pemerintah. "Hal itu sebagai langkah penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya