KA Priok-Cikarang Angkut 100 Kontainer Sehari

Target Pertumbuhan Ekspor 2010 : Peti Kemas
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kawasan Pelayanan Pabean Terpadu (KPPT) Cikarang Dry Port untuk mengurangi beban Pelabuhan Tanjung Priok siap beroperasi. Pemerintah juga membangun jalur kereta api untuk menekan biaya perjalanan.

"Kereta itu bisa mengangkut 100 kontainer perhari. Itu bisa mengurangi beban jalan raya," kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu 28 Agustus 2010.

Menurut Freddy, pembangunan jalur kereta api khusus itu bisa mengurangi biaya transportasi. Karena dengan menggunakan jasa kereta api maka total biaya transportasi menjadi lebih murah.

Tidak hanya pembangunan jalur kereta api, pemerintah juga akan membangun Jalur Lingkar Luar Jakarta (JORR).

"Untuk menambah infrasruktur lainnya soal pembangunan JORR kita akan genjot," kata dia. Rencananya, pada 2012 nanti rua tol lintas JORR lainnya akan segera terealisasi.

Seperti diketahui, Cikarang Dry Port ini khusus untuk mengurus kepabeanan barang-barang yang masuk dan keluar dari Pelabuhan Tanjung Priok. Sedangkan Tanjung Priok akan hanya berfungsi sebagai pelabuhan tempat keluar-masuk barang atau Port Handling.(sj)

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

enteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap 2.086 hektar tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih bermasalah. Lahan itu, kata dia, masih ditempati oleh masya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024