5 Negara Pertumbuhan Ekonomi Paling Lambat

Zimbabwe
Sumber :
  • Business Insider

VIVAnews - Sejumlah negara di beberapa kawasan dunia diperkirakan masih mencatat pertumbuhan ekonomi yang melambat pada 2011. Bahkan, di antara negara-negara tersebut, masih memiliki pertumbuhan ekonomi minus.

Penyebab Kematian Masih Misteri, Park Boram Meninggal Dalam Kondisi Seperti Ini

Melambatnya pertumbuhan ekonomi beberapa negara itu di antaranya karena imbas krisis keuangan global hingga tingginya pengangguran. Bahkan, ada juga karena beban utang yang cukup besar.

Berikut lima negara dengan pertumbuhan ekonomi paling lambat seperti dikutip dari Business Insider:

1. Yunani

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

Yunani

Proyeksi pertumbuhan ekonomi negara ini pada 2011 diperkirakan minus 1,05 persen. Tahun lalu, tingkat pertumbuhan ekonomi Yunani minus dua persen. Sementara itu, produk domestik bruto (PDB) tercatat US$325 miliar.

Yunani sangat bergantung pada sektor pertanian. Namun, sektor pariwisata dan industri pelayaran merupakan kontributor terbesar produk domestik bruto nasional.

Negara ini juga menerima bailout US$148 miliar dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) awal tahun ini. Sementara itu, menurut data Bloomberg, tingkat pengangguran akan mencapai 14,6 persen pada 2011.

Dengan PDB per kapita US$27.264, Yunani saat ini berjuang terhadap pengurangan biaya perawatan kesehatan dan tingginya pajak.

2. Zimbabwe

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

Zimbabwe

Tahun ini, pertumbuhan ekonomi Zimbabwe diproyeksikan mencapai 0,034 persen. Sementara itu, tahun lalu negara ini masih mampu bertumbuh 2,244 persen. PDB mencapai US$5 miliar.

Komoditas ekspor terbesar Zimbabwe adalah kopi, tembakau, dan kedelai. Negara itu mendevaluasi mata uangnya karena pemerintah meningkatkan pasokan uang, sehingga menyebabkan hiperinflasi. Berdasarkan estimasi pada 2009, tingkat pengangguran di negara itu mencapai 95 persen dan PDB per kapita US$475.

3. Venezuela

Venezuela

Pertumbuhan ekonomi 2011 Venezuela diperkirakan mencapai 0,36 persen. Meski demikian, tahun lalu pertumbuhan sempat mencapai minus 2,633 persen.

Venezuela sebagian besar menggantungkan kegiatan ekonominya pada ekspor gas dan minyak. Sementara itu, Amerika Serikat adalah mitra ekspor terbesar negara tersebut.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa Venezuela melihat pembiayaan utang meningkat untuk mendukung cadangan devisa. Meski demikian, pasar obligasi di negara itu tetap kuat. Venezuela memiliki PDB per kapita US$9.773.

4. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis
Perkiraan pertumbuhan ekonomi negara ini selama 2011 mencapai 0,499 persen, sedangkan tahun lalu minus 0,999 persen. Saint Kitts and Nevis memiliki PDB sebesar US$565 juta. Negara ini masih mengandalkan industri gula dalam mengontribusi pendapatan nasional.

Meski demikian, sektor pariwisata, ekspor, dan perbankan kini juga ikut mengontribusi pertumbuhan perekonomiannya. Bloomberg melaporkan, Saint Kitts dan Nevis menempati peringkat ketiga negara-negara di dunia dengan tingkat utang publik cukup tinggi.

Negara kepulauan ini terkenal karena tarif pajak yang rendah, namun memiliki pinjaman yang tinggi. Saint Kitts dan Nevis memiliki PDB per kapita US$10.206.

5. Azerbaijan

Azerbaijan
Pada 2011, proyeksi pertumbuhan ekonomi negara ini sebesar 0,578 persen. Sementara itu, pertumbuhan tahun lalu mencapai 2,682 persen.

Perekonomian negara dengan PDB sekitar US$52 miliar ini terutama berbasis minyak. Dengan bentangan pipa Baku-Tbilisi-Ceyhan sepanjang 445 kilometer diharapkan dapat meningkatkan perekonomian, sehingga akan membantu negara dalam memproduksi satu juta barel minyak mentah per hari.

Menurut Trend News Agency, negara ini telah mengalami penurunan produksi pertanian, meski sektor peternakan meningkat. PDB per kapita Azerbaijan mencapai US$5.764. (hs)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya