Mandala Stop Operasi Selama 45 Hari

Pesawat Mandala
Sumber :
  • www.antaraphoto.com

VIVAnews - PT Mandala Airlines akan berhenti operasi sementara selama 45 hari karena masalah keuangan dan masalah internal perusahaan lainnya.

Menurut Direktur Utama Mandala Airlines, Diono Nurjadin, pengumuman penghentian sementara ini sesuai dengan masa waktu pengajuan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

"Mulai besok tutup sampai 45 hari ke depan sesuai dengan penundaan," ujar Diono dalam jumpa pers di Restoran Pulau Dua, Senayan Jakarta, Rabu 12 Januari 2011.

Sementara mengenai refund tiket akan dilakukan sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku, yang juga diatur dalam PKPU.

"Setelah filling dan keputusan PKPU di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat," ujarnya.

Seperti disampaikan Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti, Mandala menghadapi masalah sengketa internal dengan pihak yang menyewakan pesawat.

Mandala mengalami kesulitan atau gagal bayar (default) terkait pembayaran sewa pesawat terhadap perusahaan yang menyewakan pesawat.

Pesawat yang dikelola Mandala saat ini berjumlah lima unit Airbus. Kelimanya adalah pesawat sewaan dari perusahaan luar negeri. Mandala harus menyelesaikan dulu persoalan sengketa sewa pesawat tersebut, sehingga untuk sementara akan berhenti beroperasi

Atas permintaan Mandala tersebut, pemerintah akan memberikan waktu kepada maskapai tersebut untuk menyelesaikan persoalan sengketa internal yang dihadapi.

Mandala dikenal sebagai maskapai penerbangan bertarif murah. Mandala merupakan maskapai swasta nasional yang berdiri pada 1969 dan telah melayani Indonesia dalam bidang jasa transportasi udara selama lebih dari 40 tahun. Pada 2006, Mandala diakuisisi oleh Cardig International dan Indigo Partners. (umi)

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!

Pelatih Shin Tae-yong membeberkan kondisi pemain Indonesia U-23 saat ini. Dia mengatakan anak asuhnya sangat down, usai kalah dari Qatar U-23 di Grup A Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024