Kuartal I, Pertumbuhan Ekonomi Bakal 6,5%

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Keuangan memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diukur dari produk domestik bruto (PDB) diperkirakan mencapai 6,5 persen sepanjang kuartal I-2011. Pertumbuhan ekonomi tersebut akan didukung oleh sektor konsumsi, investasi, dan ekspor.

"Januari-Maret, perkiraan kami (pertumbuhan ekonomi) akan mencapai 6,5 persen. Mudah-mudahan bisa tercapai," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin, Jakarta, Kamis, 17 Februari 2011.

Menurut Bambang, perkiraan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2011 tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi pada periode sama tahun sebelumnya sebesar 5,6 persen. "Harapan nantinya, pertumbuhan akhir tahun bisa mencapai target 6,4 persen, syukur-syukur bisa lebih," ujarnya.

Selain bersandar pada konsumsi rumah tangga, Bambang menambahkan pendorong pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan pertama 2011 diperkirakan juga ditopang sektor investasi dan ekspor yang mulai menggeliat.

Sementara itu, untuk kontribusi dari belanja pemerintah, menurut dia, kemungkinan belum berpengaruh signifikan. Kondisi itu disengaja agar pemerintah bukan berperan sebagai agen pertumbuhan, melainkan fasilitator pertumbuhan.

"Kunci keberhasilan pertumbuhan ekonomi lebih kepada kemampuan pemerintah mengeluarkan kebijakan," katanya.

Sebagai catatan, realisasi pertumbuhan ekonomi 2010 sebesar 6,1 persen di antaranya didukung pertumbuhan tinggi pada sektor pengangkutan dan komunikasi yang mencapai 13,5 persen.

Diikuti sektor perdagangan, hotel, dan restoran 8,7 persen, konstruksi (7,0 persen), jasa-jasa (6,0 persen), keuangan, real estat, dan jasa perusahaan (5,7 persen). Selain itu, sektor listrik, gas, dan air bersih tumbuh 5,3 persen, industri pengolahan (4,5 persen), pertambangan dan penggalian (3,5 persen), dan pertanian (2,9 persen). (hs)

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024