Pemerintah Siapkan Pusat Ekonomi Baru

Velix V. Wanggai
Sumber :
  • VIVAnews/ Nezar Patria

VIVAnews - Pemerintah membangun pusat ekonomi baru dalam rangka percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional. Masterplan konsep terkait akan disampaikan oleh Menko Bidang Perekonomian Hatta Radjasa dalam Rapat Kerja Pemerintah tentang Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Nasional yang akan digelar di Istana Bogor hari ini dan besok.
 
Ada enam koridor pusat ekonomi baru yang kini sedang disiapkan. “Sumatera dan Jawa Barat bagian utara, bagian utara Pantai Utara Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan bagian timur Jawa plus Jawa dan Nusa Tenggara,” demikian disampaikan Staf Khusus Presiden Biang Pembangunan Daerah dan otonomi Daerah, Velix Wanggai, dalam rilis yang diterima oleh VIVAnews.com, Senin, 21 Februari 2011.
 
Pemerintah berharap gubernur di wilayah-wilayah terkait, dapat fokus membangun masing-masing wilayahnya dan berperan aktif memberi informasi kepada calon-calon investor yang telah melakukan penjajakan dan berminat melakukan investasi. Hal itu dinilai penting untuk membangun kesepahaman antarpelaku, baik swasta, BUMN, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah.
 
Menurut Velix, rapat kerja pemerintah akan dibagi dalam 3 kelompok pembahasan, yakni kelompok koridor ekonomi Sumatera dan Jawa, kelompok koridor ekonomi Kalimantan dan Sulawesi, dan kelompok koridor ekonomi Bali-Nusa Tenggara dan Papua-Maluku. “Dalam pembahasan ini, diharapkan mengutamakan perspektif regional,” kata Velix.
 
Dengan rapat kerja tersebut, Pemerintah diharapkan dapat mengidentifikasi dukungan konkrit dari BUMN, regulasi pusat dan daerah yang menghambat, dan dukungan pemerintah daerah dalam percepatan infrastruktur regional dan lokal. (sj)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024