Ini Tantangan Baru Dunia Usaha

Suryo B. Sulistio
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Setelah berhasil melewati krisis global 2008, dunia usaha kini menghadapi sejumlah tantangan baru. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan bahwa  masalah konektivitas antarpulau dan daerah terpencil masih menjadi persoalan serius yang harus diselesaikan bersama.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

"Ini salah satu tantangan dunia usaha," kata dia saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Kadin, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Jumat 1 April 2011.

Selain itu, masalah akselerasi pertumbuhan perekonomian daerah juga menjadi tantangan dunia usaha. Menurut dia, banyak daerah yang memiliki sumber daya alam berlimpah, namun belum tumbuh maksimal. 

Suryo mengatakan, adanya ketimpangan ini tidak lain karena masalah infrastruktur, sumber daya manusia, ketersediaan energi, dan iklim usaha di wilayah itu.

Suryo juga menjelaskan, dunia usaha juga menghadapi tantangan baru dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015. Menurut Suryo, Indonesia harus melakukan perluasan pembangunan ekonomi nasional yang berfokus pada penguatan industri dalam negeri.  (umi)

Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024