Padamkan Api, Pertamina Pakai "Meriam Busa"

Kebakaran kilang Pertamina Cilacap
Sumber :
  • ANTARA/Idhad Zakaria

VIVAnews- PT Pertamina akan menggunakan Terminator Canon Foam atau "meriam busa" untuk memadamkan kebakaran di tanki RU IV Cilacap. Siang ini, alat berdaya lontar hingga 3.500 galon per menit, atau lebih tinggi dari standar normal itu akan dipakai menjinakkan api.

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini

Wakil Presiden Korporat Komunikasi Pertamina Mochamad Harun mengatakan alat itu membutuhkan busa (foam) dan air berjumlah besar. Cadangan busa saat ini mencukupi, yaitu sebanyak 97 ton. Tambahan suplai air akan diambil dari line cooling water di kilang itu. "Dengan demikian Terminator Canon Foam dapat memompa lebih tinggi dengan debit lebih banyak" kata Harun dalam siaran pers Pertamina diterima VIVAnews, Senin, 4 April 2011.
 
Kebakaran di tanki 31 T-7 itu sampai siang ini masih menimbulkan asap hitam. Upaya pemadaman dan isolasi terus dilakukan. Antara lain, mendinginkan tanki 32 T-104 yang berdekatan tanki 31 T-7, agar suhu tanki itu terjaga di bawah 50 derajat Celcius. Saat ini suhu tanki 32 T-104 tercatat aman, yaitu 33 derajat Celcius.
 
Tanki 31 T-2 yang pertama kali terbakar dinyatakan telah padam sejak kemarin, Minggu, 3 April 2011. Tanki 31 T-3 yang sudah padam, tim pemadam mendekati bibir tanki menyuntikkan foam langsung ke tanki. Hal itu dilakukan mengurangi asap hitam, sehingga tak mengganggu proses pemadaman.

Meskipun Cilacap sempat digoyang gempa 7,1 Skala Richter Senin dini hari,  proses pemadaman terus dilakukan. Pasokan BBM pun dinyatakan aman dengan stok di level normal.

Sejak kemarin, Pertamina juga mengalirkan produksi kilang ke Terminal Transit Lomanis  terdiri dari Minyak Tanah sebesar 7300 kilo liter (KL), Premium 13.000 KL, dan Solar 28.000 KL. Dari Terminal Transit Lomanis BBM ini, selanjutnya disalurkan melalui pipa ke Depot Padalarang, Ujung Berung, Tasikmalaya, Rewulu, dan Depot Teras.

Pertamina menjamin pasokan BBM dalam kondisi aman dengan volume stok premium, solar dan kerosin (minyak tanah) dijaga pada level 3,2 juta KL. Untuk Avtur akan mulai dikapalkan pada 4 April sebesar 17.000 KL ke Depot Manggis, Bali dan Soekarno Hatta.
 
Jika dibutuhkan tambahan pasokan, Pertamina telah menyiapkan 400.000 barel premium. Karena faktor keselamatan, pelayanan LPG dari Kilang Cilacap, telah dialihkan pasokannya. Bagi Jawa Tengah bagian barat, pasokan LPG akan diambil dari Kilang Balongan. Sedangkan Jawa Tengah bagian timur akan mengambil dari Terminal Elpiji Tanjung Emas, Semarang.

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar

Kebakaran di Kilang Cilacap terjadi pada Sabtu lalu, dan menyebabkan 3 tangki dari total 207 tangki di kompleks Kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap itu lumpuh. Tangki 31-T2 berisi HOMC (High Octane Mogas Component), yang merupakan bahan baku penambah oktan pada premium (Octane Booster). Sementara tangki 31-T3 & 31-T7, berisi NAPTHA, atau komponen pembuat premium.

Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

KPU RI memastikan juga mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024