10 Perusahaan Dunia yang Tumbuh Tinggi (II)

Perusahaan Google
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVAnews - Perusahaan seringkali diibaratkan sebagai seekor ikan hiu yang harus terus bergerak atau akan tenggelam. Namun, ketika perusahaan menjadi semakin besar, mereka menemui tuntutan baru untuk memperluas pertumbuhan.

Berdasarkan laman businessinsider yang dikutip VIVAnews.com, Jumat, 8 April 2011, sebanyak 10 perusahaan mengalami pertumbuhan luar biasa sepanjang lima tahun terakhir. Peringkat perusahaan ini diperoleh dari rata-rata pertumbuhan pendapatan 50 perusahaan besar dunia.

Di antara perusahaan-perusahaan itu, sebagian di antaranya telah menjalankan bisnis di Indonesia melalui anak perusahaan maupun kantor cabang. Kalaupun tidak memiliki kantor di Indonesia, setidaknya produk dari perusahaan ini sudah biasa digunakan masyarakat di Tanah Air.

Berikut, urutan lima besar dari 10 perusahaan raksasa
yang masih tumbuh pesat selama lima tahun terakhir. Untuk urutan 10-6 bisa dilihat di sini.

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

5. Petrochina

Perusahaan PetroChina

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Pendapatan pada 2006: US$86,4 miliar
Pendapatan pada 2010: US$216 miliar
Rata-rata pertumbuhan per tahun: 26 persen

Krisis finansial pada 2007 sepertinya luput dari perhatian perusahaan penghasil minyak terbesar China ini, di tengah gebrakan Petrochina yang mampu mencapai pangsa pasar hingga US$1 triliun pada 2007 atau setahun setelah menjadi perusahaan publik.

Namun, pertumbuhan yang besar itu sedikit terganggu dengan kondisi geopolitik seperti keputusan Petrochina yang berencana membangun pipa melintasi Tibet. Walau tidak lagi ada operasional yang bisa menelurkan untung triliunan dolar, Petrochina tercatat menjadi perusahaan dengan nilai pasar terbesar kedua di dunia dengan perhitungan kasar mencapai US$303 miliar pada akhir 2010.

4. Rio Tinto

Perusahaan Rio Tinto

Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia

Pendapatan pada 2006: US$22,5 miliar
Pendapatan pada 2010: US$56,5 miliar
Rata-rata pertumbuhan per tahun: 25,9 persen

Kegiatan operasional Rio Tinto banyak dipusatkan di Australia dan Kanada, yaitu sebesar 70 persen. Kenaikan harga komoditas telah menyebabkan pertumbuhan pada bisnis Rio Tinto dengan menciptakan pendapatan US$300 juta sejak 2006. Pencapaian itu memungkinkan perusahaan bisa mencegah tawaran pengambilalihan oleh BHP Billiton pada 2007.

3. Google

Perusahaan Google

Pendapatan pada 2006: US$10,6 miliar
Pendapatan pada 2010: US$29,3 miliar
Rata-rata pertumbuhan per tahun: 28,9 persen

Setelah meluncurkan sistem operasional Android yang memiliki berbagai aplikasi, Google telah mampu mengelola kenaikan nilai pasar mereka rata-rata 7 persen per tahun atau terbesar di antara perusahaan sejagat.

Pendiri Google, Larry Page, Sergey Brin, dan tim juga terus mengembangkan situs yang mereka milikiĀ  sambil terus melakukan langkah akuisisi situs-situs populer seperti Youtube, DoubleClick, dan Aardvark. Pendapatan dari situs sendiri tercatat mencapai US$5,7 miliar pada kuartal I-2010 atau naik 28 persen dibandingkan periode sama 2009.

2. ICBC

Commercial Bank of China

Pendapatan pada 2006: US$20,5 miliar
Pendapatan pada 2010: US$68,4 miliar
Rata-rata pertumbuhan per tahun: 35,21 persen

Masuknya Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) dalam daftar perusahaan raksasa yang terus tumbuh menggurita tidak terlepas dari fungsinya sebagai perusahaan publik yang baru mencatatkan sahamnya di bursa efek Hong Kong. Perannya sebagai perusahaan raksasa yang terus tumbuh dan pernah menjadi bagian pemerintahan China menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

Setelah mencatat rekor tertinggi perolehan dana hasil penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada 2006, ICBC terus berkembang dan memperoleh pendapatan setahun sebesar US$4 miliar dalam kurun waktu 5 tahun. ICBC juga semakin meningkatkan persaingan sebagai perusahaan dengan kekuatan ekuitas di antara empat lembaga keuangan Amerika Serikat yang terkenal sebagai Big Four.

1. Apple

Perusahaan Apple

Pendapatan pada 2006: US$19,3 miliar
Pendapatan pada 2010: US$65,2 miliar
Rata-rata pertumbuhan per tahun: 35,5 persen

Apple mampu merevolusi cara manusia berinteraksi dengan media digital yang secara perlahan bisa menjadi ide yang sangat menguntungkan.

Sejak mengumumkan penciptaan iPhone pertama pada Januari 2007, petinggi Apple, Steve Jobs dan tim terus meluncurkan tiga variasi iPhone lain serta beberapa versi dari iPod, yang mampu mengkonsolidasikan struktur biaya dan manfaat dari toko musik iTunes. Kabar terakhir, Apple telah meluncurkan iPad2.

Apple telah meningkatkan kapitalisasi pasar rata-rata lebih dari 40 persen per tahun sejak akhir 2006, atau hampir dua kali lipat dari pesaing terdekatnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya