Dewan Energi: Hentikan Ekspor Batu Bara

Tambang batu bara
Sumber :
  • www.warwick.ac.uk

VIVAnews - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Herman Daniel Ibrahim berharap bahwa pemerintah menghentikan ekspor batu bara sebelum 2030.

"Kalau pun 60 persen APBN [Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara] dari batu bara, tetap 2030 harus stop ekspor batu bara," kata Herman di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Selasa 19 April 2011.

Saat ini, kata dia, sekitar 250 juta ton batu bara diproduksi tiap tahun. Sebagian besar produksinya dijual ke luar negeri. Bila tindakan ini tidak diantisipasi, cadangan energi nasional bisa habis. "Nanti akan muncul pembangkit nuklir," katanya. "Kalau kita terus ekspor batu bara, ini bisa jadi kesalahan."

Dia menyarankan, agar pemerintah fokus agar produksi batu bara hanya untuk kebutuhan dalam negeri. Sehingga stok energi nasional masih aman hingga 2050.

Herman juga menyarankan agar pembiayaan APBN bisa dicukup dari sumber ekonomi yang lain, bukan dari produksi tambang yang selama ini terjadi. "Sumbernya kan banyak," katanya.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024