Rp2,8 T untuk Bebaskan Lahan 3 Tol di Bandung

Tol Kopo Bandung
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Direktur Utama PT Jasa Sarana Soko Sandi Buwono menegaskan kesiapan pihaknya untuk membebaskan lahan bagi pembangunan 3 ruas Tol, yakni  Bandung Intra Urban Toll Road/BIUTR (27,3 km), Cileunyi-Sumedang-Dawuan/Cisumdawu (60,1 km), dan Soreang-Pasir Koja/Soroja (10,57 km).

Menurutnya, untuk ketiga ruas tersebut, dana yang disiapkan untuk tahun 2011 ini mencapai Rp950 miliar. Sedangkan untuk tahun 2012, PT Jasa Sarana juga menyiapkan alokasi anggaran untuk lahan sebesar Rp1,1 triliun. Dana tersebut belum termasuk untuk pembebasan lahan ruas Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 senilai Rp650 miliar.

“Pendanaan untuk tiga ruas tol tersebut telah siap, saat ini hanya menunggu ditandanganinya perjanjian pendanaan tanah tiga ruas tol tersebut," kata Soko di Kantor Pusat Jasa Sarana, Tubagus Ismail Bandung, Selasa 19 April petang, dan disiarkan dalam rilis yang diterima VIVAnews, Rabu 20 April 2011.

Menurutnya pembebasan lahan oleh PT Jasa Sarana tersebut merupakan kelanjutan dari Kesepakatan Bersama antara Menteri Pekerjaan Umum (PU) Joko Kirmanto dan Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan tentang Pendanaan Tanah Jalan Tol BIUTR, Cisumdawu, dan Soroja pada tanggal 28 Desember 2010 lalu di Kantor Kementerian PU Jakarta.

Lebih lanjut Soko menjelaskan, selain 3 ruas tol tersebut, saat ini PT Jasa Sarana juga sedang menyiapkan pelaksanaan pembangunan ruas tol Bogor Ring Road (BORR) Tahap II A sepanjang 1,9 km melalui anak perusahaannya yakni PT Marga Sarana Jabar. PT Jasa Sarana mengharapkan kegiatan pembangunan tahap II A dapat dimulai pada awal semester kedua  tahun 2011 ini.
“Tentunya ini merupakan lompatan besar guna mendukung kualitas infrastruktur dan jaringan transportasi di Jawa Barat. Selain mengurai kemacetan, jalan ini dapat mempercepat akses barang dan orang sehingga meningkatkan efisiensi,” tuturnya.

Selanjutnya, sesuai dengan kebijakan Gubernur Jawa Barat dengan salah satu programnya yakni mendorong percepatan pembangunan dan pengembangan kawasan Jabar Selatan, PT Jasa Sarana melalui PT Trans Jabar Toll juga sedang melaksanakan pengadaan tanah untuk ruas  Tol Ciawi Sukabumi Seksi I yakni dari Ciawi hingga Cigombong. Pengadaan tanah seksi I tersebut diharapkan selesai pada bulan September 2011 dengan perkiraan dana sebesar Rp650 miliar. Kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan konstruksi mulai Oktober 2011.

“Diharapkan ruas Tol tersebut dapat beroperasi pada akhir tahun 2012. Adapun kepemilikan saham PT Jasa Sarana pada PT Trans Jabar Toll adalah 25 persen,” ujar Soko.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024