Agung Resmi Jabat Dirjen Bea Cukai

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo resmi melantik Agung Kuswandono menjadi Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan. Agung menggantikan Thomas Sugijata yang akan memasuki masa pensiun dua bulan lagi.

Pelantikan Agung didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 76/M/2011. Menkeu membacakan sumpah yang diikuti oleh Agung yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Fasilitas Kepabeanan Bea Cukai.

Dalam acara serah terima jabatan di Ruang Mezanin, Kementerian Keuangan, Senin, 25 April 2011 tersebut, seluruh pejabat eselon satu Kementerian Keuangan dan pejabat Bea Cukai tampak hadir.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan bahwa pergantian ini dilakukan untuk penyegaran di lingkungan Bea Cukai. "Untuk memperbaiki koordinasi dan untuk mempersiapkan transformasi kelembagaan lebih lanjut," ujar Agus.

Namun, ketika disinggung mengapa penggantinya Agung yang tergolong muda, Agus enggan menjawab pertanyaan itu. "Kok kamu lebih tahu dari saya, nanti saja. Saya belum dapat berkomentar," kata Agus.

Menurut sumber VIVAnews.com, selain Agung Kuswandono, nama lain yang sempat bersaing untuk memegang pucuk pimpinan Bea Cukai yaitu Jusuf Indarto. Jusuf merupakan kakanwil Ditjen Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Thomas Sugijata menjabat sebagai Dirjen Bea Cukai Kemenkeu sejak 31 Desember 2009 menggantikan pendahulunya Anwar Suprijadi yang sudah memasuki usia pensiun. 

Dia menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi jurusan akuntansi Universitas Gadjah Mada, dan mengambil Magister Manajemen di Universitas Diponegoro.
 
Jabatan yang pernah ia emban yakni sebagai Direktur Penindakan dan Penyidikan (P2) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, sejak 28 April 2009. Sebelumnya, Thomas juga pernah menjabat sebagai Direktur Audit pada 2005-2009, dan sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada 2001-2005.

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Sementara itu, Dirjen Baru Bea Cukai, Agung Kuswandono, terakhir menjabat sebagai Direktur Fasilitas Kepabeanan Bea Cukai Kemenkeu. Agung sebelumnya menjabat sebagai Pejabat Direktur Teknis Kepabeanan (Februari 2008-2010), Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea-Cukai Tanjung Priok (Mei 2007-2008), dan Kepala Bea-Cukai Soekarno-Hatta (Januari-Mei 2007).

Agung meraih gelar sarjana dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor pada 1990 dan dilanjutkan dengan pendidikan di Universitas Colorado, Amerika Serikat (1995-1997). (art)

Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024