Kementerian Perhubungan Cek WNI di Cathay

Pesawat Cathay Pacific dari Surabaya, Indonesia, mendarat darurat di Hongkong
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

VIVAnews- Kementerian Perhubungan akan meminta keterangan Cathay Pacific atas insiden terbakarnya mesin pesawat jurusan Singapura-Jakarta. Hal itu terutama untuk memastikan apakah terdapat penumpang berasal dari Indonesia.

Seperti diketahui, pesawat Cathay Pacific dengan nomor penerbangan CX715 yang berangkat dari Singapura ke Jakarta pada pukul 00:54, 16 Mei 2011, kembali lagi setelah terjadi peringatan adanya percikan api dari mesin nomor dua. Pihak bandara langsung mengerahkan enam kendaraan pemadam dan berhasil memadamkan api di pesawat. Upaya pemadaman membuat jalur penerbangan bandara Changi ditutup selama lebih dari satu jam.

Namun Harry menjelaskan terkait kejadian ini, bukanlah wewenangnya karena Cathay bukan maskapai Indonesia. Selain itu lokasi kejadian juga tidak terdapat di Indonesia. Namun jika dalam perkembangannya diperlukan konfirmasi dari pihak Cathay maka pihaknya akan bertanya  kepada perwakilan Cathay di Indonesia.

"Itu yang mendarat bukan pesawat kita. Kejadiannya bukan di Indonesia, Kementerian Perhubungan tidak ada kepentingan," kata Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Harry Bhakti saat dihubungi VIVAnews Senin 16 Mei 2011.

Cathay Pacific sendiri menjelaskan pesawat CX715 kembali lagi ke Bandara Changi karena peringatan adanya percikan api dari mesin nomor dua. Para kru mematikan mesin Rolls Royce ketika mereka menerima peringatan tersebut.

"Pendaratan darurat diumumkan dan pesawat dikembalikan pada 01:57 tanpa insiden," kata juru bicara Cathay dalam laman resmi, Kamis ini.

Sejumlah pemadam kebakaran langsung memadamkan api saat pesawat berhenti di taxiway di Bandara Changi. 136 penumpang A330 turun dengan selamat dan semua langusung ditampung di hotel. "Sebagian besar penumpang ditransfer ke penerbangan lain pada pagi tadi." (eh)

Deretan Artis Rayakan Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah
Bangkai mobil Gran Max yang kecelakaan di Km 58 Tol Cikampek

Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 ke Ibunya: Mah Aa Mau Pulang

Kisah pilu datang dari ibu Muhammad Nazaki (Zaki) salah satu korban tewas dalam insiden kecelakaan di Tol Jakarta Cikampek KM 58, Karawang, Jawa Barat Senin, 8 April 2024

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024