Rel Ganda JKT-SBY Dibangun Sebelum 2013

Perawatan rel kereta api.
Sumber :
  • ANTARA/Fikri Ali

VIVAnews - Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar berjanji double track (jalur ganda) untuk kereta api jurusan Jakarta-Surabaya akan dibangun sebelum 2013.

"Sebelum 2013 kita akan buat double track Jakarta-Surabaya," kata Mustafa usai meresmikan kerata api bermotif batik di stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 20 Mei 2011.

Seperti diketahui, konsorsium BUMN segera menggarap proyek double track kereta api Jakarta-Surabaya. Untuk membangun jalur sepanjang 780 km itu dianggarkan Rp6,5 triliun. Diharapkan pembangunan jalur kereta api itu dapat selesai dalam waktu dua tahun setelah proses perizinan selesai.

Konsorsium BUMN meliputi PT Kereta Api (KAI), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), beserta BUMN-BUMN karya nantinya hanya mengeluarkan biaya Rp6,5 triliun untuk membangun proyek tersebut. Angka ini lebih murah dibandingkan dana subsidi yang disiapkan pemerintah seperti disampaikan oleh Mustafa mencapai Rp9 triliun.

Saat ini, baru sedikit lintas kereta api yang sudah memiliki fasilitas double track, antara lain Jakarta-Cirebon dan Kutoarjo-Jogjakarta-Solo.

Sementara itu, lintas yang hanya memiliki fasilitas single track lebih banyak seperti Cirebon-Kroya-Purwokerto-Kutoarjo, Solo-Madiun-Surabaya, Cirebon-Pekalongan-Semarang dan Surabaya. (umi)

Prodi Teknik Sipil dan Elektro UMB Raih Akreditasi Unggul
Kb Bank

Trik Inisiatif Perbaiki Fundamental, Turunkan Rasio Kredit Berisiko (LAR) Hingga Dibawah 35%

Perbaikan terkait rasio kredit KB Bank ini salah satunya didorong dari pengalihan aset berkualitas rendah senilai Rp2,87 triliun melalui skema Asset Back Securities (ABS)

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024