Ini Negara Berdaya Saing Terbaik di Dunia

Kota Singapura
Sumber :
  • flickr - slack12

VIVAnews- World Economic Forum mengumumkan  Global Competitiveness Report 2010-2011. Daya saing Indonesia sendiri menduduki peringkat 44 atau naik dibanding tahun lalu yaitu peringkat 54 dari 139 negara.

Peringkat ini dihitung dari berbagai data dan opini dari survey tahunan kepada para eksekutif yang dilakukan World Economic Forum bersama jaringan lembaga penelitian organisasi bisnis terkemuka, Partner Institutes.

Peringkat ini memiliki 12 indikator yaitu lembaga negara, infrastruktur, kesehatan lingkungan, ekonomi makro dan pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan pelatihan. Indikator lainnya efisiensi pasar yang baik, efisiensi pasar tenaga kerja, pengembangan pasar keuangan, kesiapan teknologi kesiapan, ukuran pasar, kecanggihan bisnis dan inovasi. Berikut 4 negara dengan daya saing tertinggi di dunia.

1. Swiss

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Swiss berhasil mempertahankan posisinya di urutan pertama, seperti tahun lalu. Swiss dinilai memiliki kapasitas sempurna untuk inovasi dan budaya bisnis yang canggih. Negara ini menduduki peringkat 4 untuk kecanggihan bisnis dan peringkat 2 untuk kapasitas inovasi.

Swiss juga memiliki institusi riset terbaik di dunia, dan kolaborasi kuat antara sektor akademis dan bisnis. Hal ini dikombinasi dengan pengeluaran perusahaan yang tinggi dalam sektor penelitian dan pengembangan (R&D) untuk memastikan semakin banyak penelitian mendukung produk dan proses bernilai. Juga diperkuat perlindungan hak intelektual dan dukungan pemerintah terhadap inovasi dan proses pengadaan barang.

Lembaga publik di Swiss juga dinilai paling efektif dan transparan di dunia (peringkat 5), atau lebih baik dibanding tahun lalu. Struktur pemerintahan juga memastikan tempat bermain (playing field) yang sama, meningkatkan kepercayaan bisnis, termasuk aturan hukum kuat, dan sektor publik akuntabel.

Daya saing negara ini juga ditopang oleh infrastruktur yang baik (peringkat 6), ketersediaan barang (peringkat 4), pasar keuangan yang maju (peringkat 8) dan lapangan kerja paling efisien di dunia (peringkat 2, sesudah Singapura). Eknomi makro Swiss melemah tahun lalu, namun bangkit kembali dan menjadi paling stabil di dunia (ranking 5) dimana saat ini banyak negara berjuang dengan keadaan ini.

2. Swedia

Swedia dipandang bergerak lebih maju dibanding Singapura dan Amerika Serikat, sehingga menempati peringkat dua. Negara ini mengambil keuntungan dari institusi publik paling transparan dan efisien di dunia. Rendahnya tingkat korupsi dan pemerintahnya merupakan salah satu paling efisien di dunia. Kepercayaan publik terhadap politisi menempati peringkat tiga.

Sementara institusi swasta juga mendapat rangking tinggi (peringkat 3), dengan prilaku etika perusahaan terbaik (ranking 1). Standar audit yang tinggi dan petinggi perusahaan berfungsi dengan baik. Sementara pasar barang dan keuangan sangat efisien, meski pasar tenaga kerja dianggap kurang fleksibel.

Kombinasi ini ditambah dengan kekuatan pendidikan yang difokuskan selama bertahun-tahun (peringkat 2 dalam bidang pendidikan tinggi dan pelatihan) dan adopsi teknologi terkuat di dunia (peringkat 1 dalam hal kesiapan teknologi). Swedia membangun budaya bisnis yang canggih (ranking 2) dan salah satu pemimpin inovasi (ranking 5). Karakteristik ini membuat Swedia memiliki produktivitas dan daya saing ekonomi yang tinggi.

3. Singapura

Singapura bertahan di posisi 3, dan masih menjadi urutan tertinggi dari Asia. Lembaga negara ini dinilai terbaik di dunia, menduduki peringkat 1 dalam mengurangi korupsi dan pemerintah yang efisien. Singapura menjadi tempat paling efisien untuk barang dan pasar tenaga kerja (ranking 1) dan peringkat 2 untuk kecanggihan pasar keuangan.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Singapura juga memiliki infrastruktur kelas dunia (ranking 5) baik jalan, pelabuhan, fasilitas transportasi udara. Selain itu daya saing negara ini ditopang fokus yang kuat pada pendidikan, menyediakan individual dengan skill yang dibutuhkan untuk ekonomi global yang cepat berubah. Untuk memperkuat daya saing, Singapura juga mengadopsi teknologi terbaru dan peningkatan teknologi.

4. Amerika Serikat

Peringkat Amerika Serikat terus turun sejak tahun lalu, jatuh dua level menempati urutan ke-4. Sementara banyak kategori membuat ekonomi produktif. Sejumlah kelemahan justri menurunkan peringkat AS selama 2 tahun terakhir.

Kelebihannya, perusahaan AS sangat canggih dan inovatif, didukung sistem universitas yang baik, mengkombinasikan sektor bisnis dalam riset dan pengembangan. Dengan ekonomi domestik terbesar di dunia, membuat peluang AS sangat kompetitif. Pasar tenaga kerja Amerika menempati peringkat 4, dimana mudah mencari pekerja dengan fleksibilitas upah yang signifikan.

Berikut 10 Besar Negara dengan Daya Saing Terbaik

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah
PeringkatNegara             Skor         
1Swiss5,63
2Swedia5,56
3Singapura5,48
4Amerika Serikat5,43
5Jerman5,39
6Jepang5,37
7Finlandia5,37
8Belanda5,33
9Denmark5,32
10Kanada5,30
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahawa pemain keturunan tidak dibayar supaya mau dinaturalisasi dan membela TImnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024