Menkeu Setuju Beli Pesawat Kepresidenan

Garuda Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menilai keputusan untuk membeli pesawat kepresidenan sudah sangat tepat. Sebab, dengan pesawat itu akan bisa lebih efektif dan efesien.

"Saya merasa kebutuhan untuk membeli pesawat ini ada dan saya yakin untuk Indonesia sangat tepat kalau seandainya di tingkat presiden memiliki pesawat kepresidenan," kata Agus saat di Gedung Mahkamah Konstitus Jakarta, Jumat, 10 Juni 2011.

Pemerintah akan membeli pesawat kepresidenan baru jenis Boeing Jet 2 seharga US$58 juta atau Rp494 miliar. Rencana pembelian itu telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2011 dan mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.

"Jadi yang ingin kami sampaikan di Kementerian Keuangan dalam pembahasan antara Setneg, Menkeu, dan Bappenas, kami yakin ini suatu yang perlu dibeli. Ini proses yang sudah tepat dan kami mau merealisasikannya," ujar Agus.

Dia beralasan, Indonesia adalah negara yang luas. Jika dalam perjalanan dinas presiden menggunakan pesawat komersil, maka tidak efektif.

"Seandainya presiden harus menggunakan pesawat komersil atau pesawat komersil kemudian diubah menjadi pesawat kepresidenan itu akan membuat pengelolaan perusahaan pesawat kurang efisien. Dan kalau mesti membayar harga komersil, itu mahal sekali," terang Agus.

Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, mengatakan pesawat Boeing seri 737-800 NG senilai US$58 juta atau Rp494 miliar akan dioperasikan pada 2013. Pemerintah telah bernegosiasi dengan Boeing, sehingga mendapat potongan harga US$4 juta, dari US$62 juta menjadi US$58 juta. Ia mengatakan, dalam APBN 2011, dialokasikan anggaran Rp200 miliar untuk uang muka.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi
TikToker Galih Loss dihujat netizen karena aksi prank ke ojol

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Galih Loss ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024