Pemerintah Jajaki Negara Lain Pengekspor Sapi

sapi
Sumber :

VIVAnews - Australia menghentikan ekspor sapi ke Indonesia. Boikot karena cara kita membunuh sapi dianggap terlalu sadis. Ini tentu saja mencemaskan sebab persediaan daging sapi akan menurun, yang menyebabkan harganya akan melambung.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Pemerintah kini berupaya keras menanggulangi persediaan sapi itu dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjajaki sejumlah negara yang juga pengekspor sapi.

"Sudah ada beberapa penjajakan. Bukan hanya sekarang. Dari beberapa waktu yang lalu penjajakan itu sudah dilakukan," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu disela acara World Economic Forum for East Asia 2011 (WEFEA) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 13 Juni 2011.

Selain langkah antisipasi dari penghentian sapi impor asal Australia, kata Mari, pemerintah akan terus mengoptimalkan sapi-sapi dari dalam negeri. Untuk mencapai target pemerintah agar dapat swasembada daging.

Polemik rumah jagal Indonesia mencuat setelah dokumenter mengenai kekejaman terhadap sapi Australia disiarkan di program ABC's Four Corners, Senin, 30 Mei 2011. Dalam rekaman itu terlihat sapi rata-rata dipotong di tenggorokannya 10 kali. Padahal harusnya mati dalam sekali potong.

Tak hanya itu juga terpampang adegan sadis saat sapi tergelincir di lantai yang licin hingga kakinya patah. Juga ada sapi yang ekornya putus karena diseret, dicukil matanya, dan hidungnya dituangi air.

Terkait hal itu, Mari mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk memenuhi standar dari rumah potong hewan.

"Intinya kita berkoordinasi terus dengan kementerian Pertanian bagaimana isu RPH, kesejahteraan binatang, dan syarat halal itu kita penuhi karena itu komitmen kita untuk dalam negeri," tegasnya.

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang
Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024