Christine Lagard Dijagokan Ganti Strauss-Kahn

Christine Lagarde
Sumber :
  • AP Photo/ Remy de la Mauviniere

VIVAnews - Direktur Eksekutif Bank Dunia, Hekinus Manao, memprediksi Christine Lagarde berpeluang lebih besar untuk menempati jabatan Direktur Keuangan IMF yang baru menggantikan Dominique Strauss-Khan. Menurut dia, karakter kuat yang dimiliki Menteri Keuangan Prancis ini menjadi nilai lebih.

"Christine Lagarde seseorang yang kuat dan dia juga seorang yang brilian dalam kalkulasi," kata Hekinus saat ditemui usai acara dialog di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis 23 Juni 2011.

Mantan Irjen Kementerian Keuangan Indonesia ini mengatakan, awalnya ada sedikit ketidaksetujuan jika Direktur Keuangan IMF dijabat oleh orang Eropa. Karena permasalahan ekonomi yang dihadapi. "Ini kan suatu kekeliruan," imbuhnya.

Namun, lanjut dia, Lagarde dapat meyakinkan kembali dan membangun kepercayaan banyak negara. "Dengan karakter kuatnya dia bisa datang ke Brazil atau China menawarkan selling point-nya," tambahnya.

Hekinus mengungkapkan sebetulnya, bila dilihat dari sisi non-teknis, dirinya lebih memilih Agustin Carstens dari Meksiko sebagai direktur keuangan yang baru. Sebab selama ini pemikiran direktur keuangan pastilah berasal dari Eropa sudah mendarah daging. "Dengan kehadiran non-Eropa itu menolong kita untuk mengatakan bahwa Eropa tidak boleh mengklaim terus menerus," ucapnya.

Seperti diketahui, posisi Direktur Pelaksana IMF sementara ini dijabat oleh Deputi Direktur Pelaksana John Lipsky setelah pernyataan pengunduran diri Strauss-Kahn karena tersandung kasus percobaan pemerkosaan seorang wanita di kota New York, Amerika Serikat.

Sejak pertama kali didirkan pada 1945, IMF selalu dipimpin pejabat dari Eropa. Pemilihan direktur pelaksana baru IMF akan digelar 30 Juni 2011. (ren)

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran pantau quick count di Istora Senayan, Jakarta,  Rabu (14/02/24)

KPU Sebut Tak Ada Lagi Lembaga Peradilan Bisa Batalkan Kemenangan Prabowo

KPU akan menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024