Ini Tantangan Bos Baru IMF Christine Lagarde

Christine Lagarde
Sumber :
  • AP Photo/ Remy de la Mauviniere

VIVAnews- Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde akhirnya terpilih menjadi Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional menggantikan Dominique Strauss-Kahn yang tersandung kasus pelecehan seksual. Lagarde mengalahkan Gubernur Bank Sentral Meksiko, Agustin Cartens dan menjadi wanita pertama yang menduduki puncak jabatan IMF sejak IMF dibentuk 1944.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi Sarwono menyambut baik penunjukan Lagarde. Ia menilai Lagarde memang lebih dikenal oleh negara anggota IMF karena kompetensinya membangun konsesus atas isu global. Di Asia ia jauh lebih dikenal dibanding kandidat lainnya. 

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Menurutnya keberpihakannya terhadap negara Asia, khususnya Indonesia sangat kuat. "Kedatangan Perdana Menteri Prancis ke Indonesia dalam waktu dekat ini juga merupakan cerminan hasil kerja Lagarde untuk meningkatkan kolaborasi Prancis sebagai Ketua G20 dengan Indonesia sebagai ketua ASEAN," ujar Hartadi kepada VIVAnews.

Namun Lagarde menghadapi sejumlah tantangan. Apa saja? Hartadi mengatakan ada tiga tantangan yaitu, pertama, melanjutkan reformasi di tubuh IMF. Kedua, Lagarde harus membantu pemulihan ekonomi Eropa. Ketiga, IMF akan menjadi narasumber utama dalam pertemuan G20 mendatang.

Ketika diminta menggambarkan sosoknya, secara pribadi Hartadi menilai Lagarde merupakan wanita yang sangat kompeten. "Very capable lady," ujar Hartadi.

Washington Post menulis, Lagarde yang akan menjabat sejak 5 Juli 2011 ini harus melompat langsung dalam penyelesaian krisis Yunani, merespon tuntutan negara berkembang agar lebih diperhatikan, dan mengatasi dampak internal atas kasus Strauss-Kahn. Sebelum kasus pelecehan seksual, Strauss-Kahn juga pernah berselingkuh dengan staff IMF. Adanya insiden ini memunculkan banyak pertanyaan mengenai kerasnya aturan badan etika.

Lagarde juga menghadapi pembicaraan mengenai penyelesaian krisis Yunani, dimana janjinya akan menjadi penengah yang netral dapat diuji. Padahal sebulan lalu ia mewakili kepentingan Prancis dalam penyelesaian krisis itu. (umi)

Jaksa Agung ST Burhanuddin

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Keberanian Kejagung itu karena seperti mengusut dugaan kasus tambang yang merugikan negara hingga ratusan triliun rupiah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024