Menkeu Serukan Transformasi Birokrasi

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan bahwa pemerintah perlu mewujudkan transformasi birokasi dan membangun budaya baru: melayani masyarakat dan beri respon yang cepat.

Pernyataan ini disampaikan Agus dalam acara Lokakarya Peran Litbang dan Inspektorat dalam Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) di Jakarta, 12 Juli 2011. “Kita perlu melakukan transformasi birokasi karena saat ini banyak penyakit, seperti kolusi dan nepotisme,” kata Agus.

Menurut Agus, jika ingin melakukan transformasi biroksi bisa dimulai dari budaya melayani, budaya respons cepat, dan budaya evaluasi. Dari situlah nantinya Indonesia bisa menjadi negeri yang bermartabat.

Transformasi birokrasi, menurut Agus, tak membutuhkan waktu lama. Cuma satu tahun. Asal semua mau berlatih memiliki budaya baik dan mau mentaati undang-undang. "Kita tidak butuh waktu tiga tahun," ujar Agus.

Sehingga, Agus berharap, lokakarya tersebut bisa memberikan karya yang lebih baik dan langsung memberikan manfaat kepada masyarakat luas. (Laporan: Nina Rahayu)

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia
Ilustrasi paspor.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Saat ini, semua pemeran dan kru, dengan total sekitar 30 orang, paspor mereka disita. Sementara itu mereka tinggal di sebuah hotel dan kasus ini sedang diselidiki.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024