Kasus Nazaruddin

Hambalang, Proyek yang Menelan Rp1 Triliun

Proyek Wisma Atlet untuk SEA Games di Jakabaring, Sumsel
Sumber :
  • Antara/ Nila Fu'adi

VIVAnews - Nazaruddin, mantan bendahara Partai Demokrat yang kini menjadi buronan interpol kembali bernyanyi. Kali ini tak hanya membeberkan seputar proyek Wisma Atlet SEA Games di Pelembang, tapi juga Proyek Hambalang.

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Apa sesungguhnya proyek Hambalang ini, belum banyak yang tahu. Proyek Hambalang itu merupakan proyek pembangunan khusus untuk para atlet. Proyek ini terletak di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Tepatnya beberapa kilometer dari Sentul ke arah Babakan Madang.

Pusat pelatihan atlet ini terdiri atas beberapa bangunan. Ada gedung stadion, asrama, dan tempat pelatihan. Proyek dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ini berdiri di atas lahan seluas 32 hektare.

Dua perusahaan konstruksi besar, PT Adhi Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk merupakan penggarap proyek ini. Berapa total nilainya? Berdasarkan laporan keuangan kuartal pertama 2011 PT Adhi Karya, nilainya sebesar Rp1,07 triliun. 

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Dalam poyek yang diberi nama Adhi Wika JO ini, Adhi Karya memegang 70 persen. Sedangkan sisanya, sebesar 30 persen dipegang Wijaya Karya. Laporan keuangan tersebut juga memperlihatkan bahwa proyek ini masih terus berjalan.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Natal Argawan juga menyatakan bahwa Adhi Karya lah yang memimpin proyek ini. "Kami hanya sebagai mitra," kata Natal saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu 20 Juli 2011. "Kami hanya mengerjakan stadion."

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!
Angger Dimas saat berada di makam Dante

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Angger Dimas mengungkap alasan memakamkan jenazah Tri Rahayu di dekat makam sang buah hati, Dante.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024