Warren Buffet Tawar Transatlantic Rp29 T

Warren Buffett
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Miliarder asal Amerika Serikat, Warren Buffet, melalui perusahaan Berkshire Hathaway Inc memberikan tawaran senilai US$3,25 miliar, atau setara Rp29,25 triliun untuk mengakuisisi perusahaan reasuransi Transatlantic Holding Inc. Tawaran tersebut diharapkan menjadi yang tertinggi di saat harga perusahaan menurun akibat memburuknya pasar modal.

Transatlantic merupakan perusahaan asuransi yang berbasis di New York Amerika Serikat serta memiliki beberapa cabang di berbagai negara. Sebelumnya, Transatlantic dikuasai oleh American International Groups Inc.

Ajit Jain, presiden direktur unit bisnis reasuransi Berkshire, memberikan tenggat waktu kepada Transatlantic hingga besok untuk menerima atau menolak proposal yang diajukan. Saham Transatlantic telah jatuh 10 poin sejak 11 hari perdagangan di bursa.

"Dengan harga saham diperdagangkan pada level US$45,83 per lembar, saya yakin Anda akan mempertimbangkan tawaran menarik kami membeli Transatlantic dengan harga US$52 per saham," ujar Jain dalam surat penawaran yang dipublikasikan Transatlantic seperti dikutip VIVAnews.com dari laman Bloomberg, Senin, 8 Agustus 2011.

Pada Juni, Transatlantic pernah menukar sahamnya dengan Zug, anak usaha Aliied World Assurance Company Holding AG yang berbasis di Swiss, senilai US$0,88 untuk setiap saham yang ditukar. Transaksi itu ditaksir bernilai US$3,2 miliar berdasarkan nilai pada saat itu.

Validus Holding Ltd, perusahaan yang berbasis di Bermuda, telah menawar Transatlantic dalam bentuk uang tunai dan saham senilai US$3,2 miliar pada bulan lalu.

Transatlantic mengaku akan menilai secara hati-hati dan mengevaluasi tawaran yang diajukan Berkshire. Hingga Juni lalu, jumlah saham Transatlantic diperkirakan mencapai 62,5 juta lembar.

Pihak Validus mengatakan tawaran berupa US$1,56 untuk saham dan US$8 dalam bentuk uang tunai untuk setiap lembar saham yang dimiliki Transatlantic memberikan kesempatan kepada pemilik perusahaan untuk bisa menikmati dua keuntungan.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Meski diakui Chief Executive Officer (CEO) Validus, Ed Noonan, tawaran yang diberikan anak usaha Berkshire, National Indemnity juga lebih baik dibandingkan Allied.

"Pemegang saham Transatlantic memiliki hak untuk menentukan apakah akan menerima tawaran yang menyediakan potensi lebih besar pada masa mendatang atau harga pasar saat ini," kata Noonan. (art)

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024