Kecemasan Investor Mulai Turun

Pialang saham bekerja di bursa New York Stock Exchange
Sumber :
  • AP Photo/Jin Lee

VIVAnews - Setelah sepekan mengalami volatilitas sangat tinggi, indeks saham di pasar Amerika Serikat akhir pekan ini ditutup menguat.

Volume perdagangan juga jauh lebih kecil dibandingkan hari-hari lain dalam pekan ini. Pergerakan indeks saham juga lebih stabil dibandingkan beberapa hari sebelumnya. "Tanda -tanda ini memperlihatkan kecemasan investor menurun," kata Ken Polcari, managing director ICAP Equities di New York, seperti laporan Reuters, Sabtu 13 Agustus 2011.

Pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi waktu Indonesia, 9 miliar saham diperdagangkan di New York Stock Exchange. Lebih rendah dari rata-rata harian awal pekan ini yang hampir mencapai 16 miliar saham. Ini merupakan pekan tersibuk dalam hal volume, sejak Oktober 2008.

"Perlambatan volume perdagangan ini jelas mengindikasikan investor telah mendapatkan sedikit rasa nyaman," ujar Ken Polcari, menambahkan. Beberapa saham blue-chip mulai diserbu investor. Saham Boeing naik 4,9 persen menjadi US$61,75.

Akhir pekan ini, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 125,71 poin atau 1,13 persen, ke 11.269,02. Indeks Standard & Poor 500 juga naik 6,17 poin, atau 0,53 persen, ke 1.178,81. Nasdaq Composite Index naik 15,30 poin atau 0,61 persen, ke 2.507,98.

Pada pekan ini, Dow turun 1,5 persen, Nasdaq kehilangan 1 persen, dan S&P 500 jatuh hingga 12,4 persen dalam tiga minggu terakhir.

Naiknya saham-saham AS pada akhir pekan ini didukung keluarnya data penjualan ritel AS yang positif dalam empat bulan terakhir. Data ini mencerminkan terjadinya peningkatan konsumsi di AS.

Kenaikan indeks saham AS juga didukung menguatnya saham-saham Eropa yang mencapai 3,6 persen. Larangan short selling pada saham keuangan di Perancis, Italia, Spanyol, dan Belgia telah meredakan kekhawatiran atas penurunan tajam baru-baru ini.

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya
Ilustrasi berdoa.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!

Majalah CEOWORLD telah mengumumkan hasil survei mengenai tingkat religiusitas di berbagai negara di dunia. Dari sepuluh negara teratas yang tercatat ini negara religius

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024