Mentan: Jelang Lebaran Ada yang Timbun Beras

Suswono
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Kementerian Pertanian mengendus adanya upaya penimbunan beras menjelang Lebaran. Menteri Pertanian Suswono mengatakan, ada indikasi penimbunan di 14 titik di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera.

"Kami tidak menuduh menimbun, ada yang menyimpan 5.000 ton sampai 10.000 ton di Sumatera dan lebih banyak di Jawa," ujar Suswono di sela acara buka puasa bersama di rumah dinas Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron, Komplek DPR, Kalibata, Jakarta, Senin 15 Agustus 2011.

Menurut Suswono, indikasi penimbunan beras justru dilakukan para penyuplai Bulog. "Ini kan mitra Bulog harusnya menyuplai Bulog," ujarnya.

Suswono sudah berkoordinasi dengan kepolisian menindaklanjuti temuan itu. "Saya sudah koordinasi dengan pak Timur Pradopo, melalui Irjen juga kita sudah melakukan pengawasan," ujarnya.

Bila indikasi tersebut terbukti upaya penimbunan sanksi hukum bakal dikenakan. "Nanti ada proses hukum, urusan polisi," ujarnya.

 Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron mengungkapkan, jelang Lebaran ini, DPR akan melakukan pemantauan terhadap harga-harga bahan pokok seperti beras, telur, daging ayam, dan daging sapi. Sebab, harga sejumlah komoditas itu naik.

"Kenaikan 5 persen memang menjelang lebaran, DPR terus memantau, menjelang hari H memantau harga," ujarnya.

Beras akan menjadi perhatian khusus. Namun demikian, menurutnya, stok beras aman hingga enam bulan ke depan. "Saya memantau Cirebon aman, masih mencukupi, tiga bulan ke depan masuk masa panen Bulog serapan cukup baik, bisa buat stok Natal dan Lebaran," kata dia.

Herman menilai, permasalahan sebenarnya bukan persoalan mengenai stok. Politisi Partai Demokrat ini menengarai ada permainan dibalik kenaikan harga bahan pokok terutama beras. Sebab itu, perlu perhatian khusus.

"Bagaimana caranya memberikan tekanan kepada harga beras yang cukup tinggi," katanya. (umi)

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024