Pidato Kenegaraan

APBD Dipakai Bangun Rumah dan Mobil Dinas

Mobil Dinas Baru Untuk Menteri
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono prihatin dengan banyaknya laporan pengelolaan APBD di daerah yang masih belum efektif. Sebagian belanja modal APBD, bahkan banyak digunakan untuk pembangunan rumah dinas dan pengadaan mobil dinas.

"Seharusnya, belanja modal digunakan untuk pembangunan infrastruktur, misalnya jalan dan jembatan, yang justru perlu ditingkatkan," kata SBY dalam Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang RAPBN 2012 Beserta Nota Keuangannya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2011.

SBY mengatakan dia mendapat banyak laporan tentang dana daerah tidak dikelola secara efektif. Antara lain ditunjukkan oleh alokasi belanja pegawai yang terus meningkat, sebaliknya porsi belanja modal untuk pembangunan daerah justru menurun.

Peningkatan porsi belanja pegawai dalam APBD, ujar SBY, berkaitan erat dengan terjadinya penambahan dan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru daerah setiap tahun. Padahal dalam banyak kasus, penambahan itu tak sesuai dengan kompetensi dan keperluannya.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, SBY menginstruksikan para pimpinan daerah agar memperbaiki postur APBD dengan menempatkan kesejahteraan masyarakat sebagai prioritas utama, baik dalam perencanaan dan pelaksanaannya, maupun dalam pengelolaan keuangan daerah.

Sementara untuk belanja operasional seperti belanja pegawai, belanja barang, dan belanja perjalanan dinas, presiden berpesan agar sedapat mungkin dikurangi dan terus dijaga efisiensinya.

Memilih Mobil Listrik Idaman: Panduan Lengkap untuk Calon Pembeli

"Kebijakan moratorium pengangkatan PNS Daerah yang kita jalankan dewasa ini, dimaksudkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan anggaran di daerah," kata SBY.(np)

Suasana menjelang konser 2024 TVXQ! 20&2 In Jakarta

Konser Hari Ini, Intip Suasana Menjelang Konser TVXQ di Indonesia

Suasana menjelang konser TVXQ di Indonesia yang sangat dipadati oleh banyaknya penggemar.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024