AS Jamin Pinjaman Pengusaha Wanita RI

Rupiah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kedutaan besar Amerika Serikat (AS) melalui US Agency for International Development (USAID) memberikan layanaan pembiayaan bagi perempuan berpenghasilan kecil untuk menjalankan usaha.

USAID rencananya akan bertindak sebagai penjamin dari pinjaman yang disalurkan PT Bank Muamalat. Pada tahap awal, nilan penjaminan dialokasikan sebesar US$1,15 juta atau setara Rp10 miliar.

“Dengan dana ini, kaum perempuan dapat memulai bisnis mereka sendiri dan mendapatkan penghasilan, membantu keluarga dan memiliki kesempatan untuk kehidupan yang lebih baik," Kata Duta Besar AS Scot Marciel, Di Gedung Arthaloka, Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2011

Presiden Direktur Muamalat Arviyan Arifin menjelaskan peran USAID dalam pinjaman bagi perempuan pengusaha mikro ini lebih ditekankan pada pemberian jaminan.  Sementara untuk pemberian pinjaman akan dilakukan oleh bank muamalat.

“Jadi mereka (USAID) lebih ke penjaminannya, dananya itu tetap dari kita. Penjaminan tahap awal itu 50 persen dari pembiayaan kita sebesar Rp10 miliar,” ujar Arviyan

Untuk program pinjaman ini, Bank Muamalat berencana mengincar sejumlah perempuan pengusaha mikro  yang berlokasi di wilayah Tangerang dan Jawa Barat. Untuk tahap pertama, plafon pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp3-5 juta per debitur

Saat ini Bank Muamalat mencatat total penyaluran kredit telah mencapai Rp2,4 triliun dengan porsi pinjaman ritel mencapai 21 persen. Sementara untukm kredit mikro, perusahaan telah menyalurkan 12 persen dari total keseluruhan kredit Bank Muamalat.

“Sampai akhir tahun kami menargetkan kredit usaha mikro sebesar 2,8 persen,” jelasnya

Arviyan menambahkan di AS sendiri terdapat sejumlah bank syariah yang pertumbuhannya didukung oleh pemerintah. Bahkan seiring perkembangan komunitas muslim di negara Paman Sam tersebut, bank syariah di AS kin mulai tumbuh pesat.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024