Steve Jobs Mundur, Saham Apple Anjlok

Steve Jobs
Sumber :
  • Apple.com

VIVAnews - Harga saham Apple Inc. terkoreksi lebih dari lima persen dalam perdagangan Kamis, 24 Agustus 2011. Saham anjlok menyusul kabar pengunduran diri pendiri Apple Steve Jobs dari jabatan kepala eksekutif korporat (CEO).

Laporan Forbes, saham Apple turun US$19,37 atau 5,15 persen menjadi US$356,89 dalam akhir perdagangan saham Kamis di Bursa Saham New York, Amerika Serikat.

Steve mengundurkan diri setelah terkena kanker prostat yang membuatnya tak bisa menjalankan perusahaan lagi. Sebenarnya, sebelum pengunduran ini, pria berusia 55 tahun itu sudah mulai cuti sejak 17 Januari.

"Saya selalu mengatakan jika datang suatu hari ketika saya tak bisa lagi memenuhi kewajiban dan harapan sebagai CEO Apple, saya akan menjadi orang pertama yang memberi tahu Anda," tulis Steve dalam sebuah surat kepada pejabat Apple, Kamis sore. "Sayangnya, hari itu telah datang."

Dalam surat yang dikirim Steve, Tim Cook lah yang pantas menggantikan posisinya. Apalagi selama masa cuti itu, Cook telah berperan sebagai pengganti Steve. Tim Cook adalah kepala operasi (COO) Apple yang berada langsung di bawah CEO. Cook bertanggung jawab semua operasi dan penjualan Apple di seluruh dunia.

Sebenarnya, daftar nama eksekutif Apple telah tumbuh, seperti Scott Forstall, wakil presiden yang bertanggung jawab atas software ponsel Apple; Phil Schiller (kepala marketing Apple), dan Craig Federighi, yang bertanggung jawab atas rekayasa perangkat lunak desktop Apple. Mereka  telah menjadi sorotan setelah beberapa kali presentasi bersama Steve.

"Ini bukan perusahaan tentang satu orang. Ada banyak orang besar di sana," kata Chief Executive Broadcom Scott McGregor.

Namun yang menjadi pertanyaan, bila Steve mengundurkan diri dari CEO lalu menjabat sebagai ketua (chairman) dewan direksi, bagaimana dengan kesehatan Steve? Mungkinkah dia tetap aktif terlibat dalam perusahaan yang ia dirikan ini? (eh)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024